Mother&Baby Indonesia
10 Makanan Anti-Aging yang Bikin Anda Awet Muda

10 Makanan Anti-Aging yang Bikin Anda Awet Muda

Tentu hampir tidak ada orang yang ingin menua lebih cepat dari seharusnya. Tapi, memang sudah terbukti bahwa pola makan dan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap laju penuaan. Maka dari itu, Moms perlu perhatikan makanan yang dikonsumsi. Memakan makanan tinggi nutrisi dan antioksidan akan membantu menjaga metabolisme tubuh dan mencegah penuaan dini. M&B telah merangkum beberapa makanan anti-aging untuk Anda. Simak berikut, Moms!

1. Blueberry


Buah blueberry mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan buah-buah lainnya. Kulit buah ini mengandung antioksidan bernama anthyocanin. Antioksidan membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang mampu mempercepat proses penuaan, baik pada kulit maupun organ tubuh lainnya. Buah ini juga kaya akan vitamin A, C dan E, sehingga membantu mencerahkan kulit dan menjaganya tetap bersinar.



2. Alpukat


Alpukat mengandung asam lemak yang berperan sebagai agen anti-inflamasi. Berbagai asam lemak ini sangat membantu menjaga kelembutan dan kelembapan kulit. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang dapat mencegah macam-macam efek buruk penuaan dini, antara lain vitamin K, vitamin C, citamin E, vitamin A, vitamin B kompleks, dan potasium.

3. Telur


Salah satu zat yang penting untuk menjaga diri dari penuaan dini adalah kolagen, dan bahan pembentuk utama kolagen adalah protein. Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik di dunia. Kuning telur mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya adalah biotin. Biotin terbukti mampu mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

4. Buah Delima


Setengah cangkir biji buah delima mampu memenuhi 15% kebutuhan Anda terhadap vitamin C dan kaya akan antioksidan yang baik bagi imunitas dan kesehatan kulit Anda. Selain itu, delima juga mengandung punicalagin, yang dipercaya mampu melawan kerusakan kolagen dan membantu menjaga kesehatan sendi. Jadi, tak hanya kulit Anda saja yang awet muda, tapi juga sendi Anda.

5. Teh Hijau


Teh hijau memang sudah dikonsumsi sejak zaman kuno untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk mencegah penuaan dini. Kandungan catechin dan polyphenol di dalam teh hijau sudah lama terkenal manfaatnya, antara lain untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan mencegah proses penuaan dini.

6. Cokelat Hitam




Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung zat anti-aging yang berguna bagi tubuh. Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah yang pas dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan menjaga jantung dari penuaan dini, kerusakan, dan berbagai permasalahan kesehatan.

7. Sayuran Cruciferous


Sayuran cruciferous telah lama terbukti mengandung banyak vitamin dan antioksidan, sehingga konsumsi dalam jumlah yang baik dapat membantu perlambatan proses penuaan dini. Bayam, kale, dan brokoli merupakan beberapa contoh sayuran crucifeous. Vitamin C yang terkandung dalam sayuran-sayuran ini sangat dibutuhkan untuk membentuk kolagen, yakni protein utama kulit yang menjaganya tetap kuat dan elastis.

8. Ikan Laut Dalam


Salmon, sarden, dan makerel merupakan beberapa contoh ikan laut dalam yang baik bagi kulit Anda. Kaya akan asam lemak omega-3, ikan-ikan ini dapat memperkuat membran sel kulit. Mengonsumsi dua porsi ikan seminggu dapat mengurangi inflamasi pada kulit, seperti eksema dan psoriasis. Tak hanya kulit, konsumsi ikan juga dapat menjaga kesehatan otak dan jantung, sehingga dapat membantu Anda hidup lebih lama.

9. Walnut


Tahukah Anda bahwa walnut mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lain? Walnut bahkan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kekuatan membran kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, dan menjaga lapisan penjaga kulit. Selain itu, kacang ini juga kaya akan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan melawan radikal bebas.

10. Wortel


Hidup terasa semakin muda dengan kesehatan mata yang optimal. Maka dari itu, konsumsi wortel tentu dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Tak hanya itu, dengan kandungan beta karoten yang sangat tinggi, wortel juga mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan ini menjaga kulit Anda terus sehat bersinar dengan melindunginya dari paparan radiasi sinar matahari, serta mampu stimulasi pertumbuhan rambut Anda. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: awet muda,   anti aging,   makanan sehat,   nutrisi










Cover April 2020