Mother&Baby Indonesia
Brown Sugar VS Gula Putih, Mana yang Lebih Baik?

Brown Sugar VS Gula Putih, Mana yang Lebih Baik?

Belakangan ini nama brown sugar atau gula aren memang sedang naik daun ya, Moms. Hampir semua restoran kini memiliki menu serba brown sugar, mulai dari kopi, kue, hingga es krim. Popularitas gula putih sedang kalah saing dibanding brown sugar. Memangnya, mana yang lebih baik, sih? brown sugar atau gula putih? Ketahui faktanya, yuk!

Beda Proses Produksi


Banyak yang bilang, brown sugar lebih sehat dibanding gula pasir. Ini mungkin karena tampilan brown sugar (atau sering juga disebut raw sugar) yang lebih natural, dan rasanya juga tak semanis gula pasir.



Padahal, kedua jenis gula ini sama-sama berasal dari tebu. Menurut Healthline, kebanyakan brown sugar terbuat dari campuran gula pasir dan molasses atau konsentrat gula tebu bertekstur sirup. Dalam membuat gula, dibutuhkan proses penguapan air tebu untuk menghasilkan gula murni berbentuk kristal. Kemudian gula murni perlu dihaluskan dan dibersihkan sebelum dijual.

Sedangkan dalam pembuatan brown sugar, gula tidak diproses hingga selesai, sehingga perasan tebunya masih ada. Agar rasanya manis, maka diberikan molasses. Brown sugar memang tidak begitu manis, tetapi cenderung lebih wangi dan teksturnya kasar. Itulah yang membuat kebanyakan orang berpikir brown sugar lebih sehat, karena tampilannya yang lebih natural.

Kandungan Nutrisi

Mengutip Healthline, brown sugar memiliki kandungan mineral yang agak lebih tinggi dibanding gula pasir, yaitu lebih tinggi kalsium, zat besi, potasium. “Kandungan mineral pada brown sugar tidak begitu banyak, jadi ini bukan sumber vitamin atau mineral apa pun,” tulis Healthline.



Brown sugar juga lebih sedikit mengandung kalori dibanding gula putih, namun perbedaannya hanya sedikit. Satu sendok teh (sekitar 4 gram) brown sugar mengandung 15 kalori, sedangkan gula putih atau gula pasir mengandung 16.3 kalori.

Penggunaan

Benarkah brown sugar lebih cocok untuk diet? Jawabannya, tidak juga. Walau brown sugar mengandung lebih sedikit kalori, namun rasanya juga tidak semanis gula putih. Anda butuh memasukkan lebih banyak brown sugar untuk mendapatkan rasa manis, dibanding gula putih biasa.

Artinya, kalau 2 sendok teh gula pasir dengan 32.6 kalori sudah cukup untuk membuat teh Anda terasa manis, Anda mungkin butuh 2-4 sendok teh brown sugar (30-60 kalori) untuk mendapatkan rasa manis yang sama. Maka, lebih bijak dalam mengonsumsi gula ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: brown sugar,   gula putih,   gula,   makanan,   pemanis,   nutrisi










Cover April 2020