Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Mengonsumsi Buah-buahan Kering

Ini Manfaat Mengonsumsi Buah-buahan Kering

Agar tubuh tetap sehat dan aktif bergerak, buah-buahan jadi salah satu sumber nutrisi yang bisa Moms dan Si Kecil konsumsi. Buah segar pun menjadi pilihan utama karena kaya akan vitamin dan mineral. Namun, buah segar harus segera dimakan karena nilai nutrisinya bisa menurun atau bahkan hilang sama sekali jika dibiarkan terlalu lama.

Untuk menyiasati hal tersebut, buah-buahan kering biasanya menjadi pilihan untuk dikonsumsi keluarga. Buah kering bisa dikonsumsi langsung atau diolah sebagai pelengkap sebuah masakan. Proses pengeringan buah sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu dengan memanfaatkan panas matahari, pengeringan udara hangat, dan dengan pembekuan.

Berbagai jenis buah tentu bisa dikeringkan, seperti mangga, cranberry, atau juga anggur yang berubah nama menjadi kismis. Selain bisa disimpan dalam waktu lama, mengonsumsi buah kering juga baik bagi tubuh, jika melalui proses pengeringan yang tepat. Manfaat yang bisa didapat di antaranya adalah:



1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kaya akan kandungan serat.

2. Beragam vitamin seperti vitamin A, C, E dapat membantu menyehatkan kulit serta mencegah penuaan dini.

3. Kadar kalium yang cukup tinggi membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh.

4. Mencegah anemia dan bisa dijadikan sebagai anti-kanker, karena mengandung zat besi serta antioksidan.



5. Bisa menjadi sumber energi, karena kalori yang cukup tinggi serta dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Proses Pengeringan Alami


Dengan berbagai manfaat tersebut, buah-buahan kering tentu bisa Anda jadikan camilan atau pelengkap sarapan. Tak jarang juga, mengonsumsi buah kering bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal dan mencegah obesitas lho, Moms.

Namun, hal ini bisa terpenuhi jika jumlah yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya gula tambahan pada buah kering yang dijual di pasaran. Selain itu, proses pengeringan yang dilakukan membuat buah kering mengandung sulfur dioksida, yang bisa memicu asma kambuh.

Karenanya, Anda perlu memastikan bahwa buah kering yang dikonsumsi telah melalui proses pengeringan alami, tanpa ada tambahan pewarna atau gula tambahan berlebih. Dengan begitu, ragam manfaat dari buah-buahan kering bisa diperoleh serta menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   buah kering,   kesehatan










Cover April 2020