Mother&Baby Indonesia
6 Kebiasaan Makan yang Melemahkan Imunitas Tubuh Anda

6 Kebiasaan Makan yang Melemahkan Imunitas Tubuh Anda

Selain menjaga kebersihan, menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh Anda agar tetap kuat merupakan hal yang penting dilakukan dan berdampak baik pada kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda, Moms dihadapkan pada dua hal, yaitu memilih makanan yang membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan menghindari perilaku makan atau minum yang dapat melemahkan imunitas.

Nah, berikut 6 kebiasaan makan dan minum yang harus dihindari demi menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap kuat:



1. Konsumsi Gula Berlebihan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition ditemukan bahwa setelah melakukan puasa semalaman, manusia yang diberi 100 gram gula mengalami pengurangan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri. Efek terbesarnya ditemukan antara satu dan dua jam kemudian, tetapi bertahan hingga lima jam.

2. Konsumsi Garam Berlebihan

Berdasarkan sebuah penelitian di University Hospital of Bonn yang dilakukan pada manusia dan tikus, ditemukan bahwa terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun. Para peneliti menemukan bahwa ketika ginjal mengeluarkan natrium yang berlebih, efek domino akan terjadi sehingga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

3. Kurang Mengonsumsi Serat

Moms, bila Anda biasanya kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat, sebaiknya Anda segera mengurangi kebiasaan ini, ya! Pasalnya banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila Anda mengonsumsi cukup serat. Mengonsumsi serat dapat mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengubah susunan bakteri usus dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dan suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan serat pada makanan dan prebiotik yang lebih tinggi mendukung fungsi kekebalan tubuh yang lebih sehat, termasuk perlindungan terhadap virus. Serat yang memadai juga meningkatkan kualitas tidur.



4. Kurang Mengonsumi Sayuran Hijau

Bagi Anda yang masih malas mengonsumsi sayur, mulailah untuk rajin mengonsumsi sayuran, khususnya sayuran hijau. Karena sayuran hijau sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Sayuran hijau memberikan nutrisi penting seperti  vitamin A dan C, serta folat, yang dikenal dapat membantu fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki senyawa bioaktif yang dapat melepaskan sinyal kimia yang mengoptimalkan imunitas dalam usus.

5. Konsumsi Kafein Berlebihan

Kopi dan teh dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena tingginya tingkat antioksidan yang dikaitkan dengan anti-peradangan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mengganggu tidur Anda, dan hasil itu dapat meningkatkan peradangan dan mengganggu kekebalan tubuh. Untuk mencegah gangguan tidur, sebaiknya Anda menghentikan konsumsi kafein (baik dari kopi atau teh) enam jam sebelum tidur.

6. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat bahwa ada hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dan respons imun yang melemah. Efek bila seseorang mengonsumsi alkohol yang berlebihan adalah meningkatnya risiko pneumonia, dan mengalami sindrom stres pernapasan akut (ARDS) yang berpotensi memengaruhi hasil tes COVID-19. Hasil lain dari penelitian tersebut adalah peningkatan risiko sepsis, yaitu risiko komplikasi pasca operasi, penyembuhan luka yang buruk, dan pemulihan infeksi yang lebih lambat dan kurang sempurna. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: nutrisi,   makanan,   kebiasaan makan,   imunitas,   kekebalan tubuh










Cover April 2020