Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Mengonsumsi Buah Pir untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Pir untuk Ibu Hamil

Selama menjalani masa kehamilan, Moms disarankan untuk memperhatikan asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi, seperti makan sayur dan buah secara teratur. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh bumil adalah pir.

Pir merupakan salah satu buah tropis yang selain memiliki rasa lezat, juga kaya akan nutrisi. Berikut ini M&B telah merangkum beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil. Apa saja? Simak artikel di bawah ini ya Moms!

Amankah mengonsumsi pir selama masa kehamilan?

Pada dasarnya, buah pir aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Ini karena buah tersebut mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil, seperti vitamin E, C dan A, niasin, kalsium, fosfor, zat besi, betain, asam folat, kolin, selenium, dan asam pantotenat. Ada berbagai cara mengonsumsi buah pir. Anda dapat memakannya secara langsung atau juga bisa mencampurkannya ke dalam smoothie.



Perlu diperhatikan ya Moms, jumlah buah pir yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan adalah sekitar 1-3 buah ukuran sedang per hari. Pastikan juga Anda mencuci buah pir terlebih dahulu dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil

Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil yang rutin mengonsumsi pir:

1. Mencegah Sembelit

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah sembelit. Seperti diketahui, sembelit saat hamil dapat terjadi karena berbagai macam faktor, mulai dari perubahan hormon hingga pola makan yang buruk. Kabar baiknya, buah pir bermanfaat untuk mengurangi sembelit yang Anda alami. Ini berkat kandungan serat yang tinggi dalam buah pir.

2. Mengurangi Morning Sickness

Kandungan vitamin B6 di dalam buah pir dapat membantu mengurangi morning sickness seperti mual dan muntah. Tak hanya itu, vitamin B6 juga dapat membantu menunjang perkembangan fungsi kognitif dan motorik pada janin. 



3. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Sebagaimana diketahui, buah pir mengandung asam folat yang merupakan asupan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Kandungan asam folat dalam pir bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat dan menurunkan risiko bayi lahir prematur.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan vitamin C yang tercukupi dengan baik dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit seperti flu dan batuk.

5. Membantu Penyerapan Nutrisi

Vitamin C yang terkandung di dalam buah pir selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, juga dapat membantu menyerap nutrisi dari makanan, terutama zat besi. Zat besi bermanfaat untuk perkembangan janin dalam pembentukan darah dan sistem peredaran darah. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. azerbaijan_stockers/Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   buah ibu hamil,   pir










Cover April 2020