Mother&Baby Indonesia
Makanan yang Perlu Dihindari saat Pandemi Virus Corona

Makanan yang Perlu Dihindari saat Pandemi Virus Corona

Agar terhindar dari infeksi virus corona, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh adalah cara terbaik. Dengan daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik, maka tubuh Anda tidak mudah terserang infeksi, termasuk infeksi virus corona.

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima, Moms dan keluarga perlu mengonsumsi makanan yang sehat juga, karena ada beberapa jenis makanan yang justru melemahkan sistem imun Anda, lho! Makanan merugikan tersebut sebaiknya dihindari saat menghadapi pandemi virus corona seperti saat ini. Apa saja sih, makanan dan minuman yang harus Anda hindari? Read on!

Makanan & Minuman Tinggi Gula




Tahukah Anda kalau mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menekan daya tahan tubuh Anda dalam melawan penyakit? Ya, ini disampaikan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition.

Menurut penelitian ini, dalam 100 gram karbohidrat yang didapat tubuh dari glukosa, fruktosa, sukrosa, madu, atau jus jeruk, dapat mengurangi kemampuan neutrofil (bagian sel darah putih yang membantu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit) dalam melawan bakteri.

Makanan & Minuman Berkafein


Jika diminum tidak berlebihan, kopi dan teh mungkin bermanfaat, karena dua jenis minuman ini kaya antioksidan (yang juga berguna sebagai antiinflamasi). Namun jika diminum berlebih, maka kafein bisa mengganggu waktu tidur Anda, yang tentu saja hal itu bisa meningkatkan risiko inflamasi dan menurunkan daya tahan tubuh.

Minum kopi dan teh boleh saja kok, Moms, namun pastikan tidak berlebihan dan Anda mengonsumsinya sekitar 6 jam sebelum waktu tidur, ya.

Makanan Rendah Serat




Moms pasti sudah tahu kalau 80% daya tahan tubuh didapat dari sistem pencernaan yang baik. Maka, jika Anda kurang mengonsumsi makanan rendah serat, itu dapat mengganggu sistem pencernaan Anda, yang berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh.

Banyak penelitian yang menunjukkan fakta semakin banyak Anda mengonsumsi makanan kaya serat dan prebiotik, maka semakin sehat juga sistem imun tubuh Anda. Ini penting karena sistem imun tubuh menjaga Anda dari serangan virus, termasuk virus corona juga, Moms.

Contoh makanan rendah serat adalah roti putih, margarin, keju, pancake, kacang-kacangan. Sebenarnya bukan berarti makanan tersebut tidak boleh dimakan ya, Moms. Boleh saja, tetapi lebih baik mengonsumsi makanan tinggi serat selama masa pandemi ini.

Berapa banyak sih Anda harus mengonsumsi serat dalam sehari? Nggak banyak kok, Moms, sekitar 25 gram sehari. Itu bisa Anda dapatkan dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan aneka jenis makanan lainnya.

Makanan Asin


Biasanya makanan asin hanya dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Namun sebuah studi dari University Hospital of Bonn menguak sebuah fakta baru! Menurut studi ini, terlalu banyak mengonsumsi garam membuat tubuh mengalami kekurangan imun lho, Moms.

Para peneliti menemukan bahwa ketika ginjal mengeluarkan sisa sodium, efek domino terjadi sehingga berkuranglah kemampuan tubuh dalam membasmi infeksi bakteri. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   nutrisi,   kesehatan,   pandemi,   virus corona,   imunitas