Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Telur menjadi daftar makanan wajib yang harus ada di dalam kulkas.Telur memiliki rasa yang lezat dan mudah diolah menjadi beragam kreasi makanan, salah satunya dengan cara direbus saja. Kabar baiknya, mengonsumsi telur rebus ternyata sangat baik untuk tubuh kita lho Moms. Berikut ini 7 manfaat telur rebus untuk kesehatan tubuh.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Telur rebus mengandung kolesterol partikel LDL besar yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Memang banyak yang mengatakan bahwa telur mengandung kolestrol jahat, namun kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat itu berfungsi baik untuk tubuh. Menurut penelitian, partikel LDL kecil lebih dominan memiliki risiko penyakit jantung daripada partikel LDL besar.

2. Baik untuk Metabolisme

Pada telur rebus juga terdapat kandungan kolin yang dapat membantu proses pencernaan lemak serta mencegah penumpukan lemak pada tubuh. Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh saat merespons insulin, dan memperlancar proses pencernaan lemak.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur rebus, paling banyak dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Fungsi dari dua nutrisi ini baik buat mata karena dapat mencegah degenerasi pada makula. Jadi dengan mengonsumsi telur, Anda juga dapat menurunkan risiko katarak.



4. Menurunkan Kadar Trigliserida

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam telur rebus dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah lho, Moms! Perlu Anda tahu, kadar trigliserida tinggi dalam darah dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung. Mengonsumsi telur dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah sebesar 16-18%.

5. Baik untuk Otak

Telur rebus juga baik untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Telur rebus mengandung kolin, nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, dan kesehatan kardiovaskular. Kolin akan menjaga struktur otak, yang membantu menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot. Tak hanya itu, pada ibu hamil, telur dapat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir, jadi jangan lupa konsumsi telur rebus saat hamil ya, Moms!



6. Baik untuk Rambut dan Kuku

Telur mengandung sulfur yang tinggi dan merupakan sumber vitamin D, mineral, dan antioksidan. Kandungan tersebut bisa membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat. Setiap hari, setidaknya tubuh kita membutuhkan 600 unit vitamin, dan dalam satu telur rebus terkandung 45 unit vitamin D.

7. Bagus untuk Tulang

Tak hanya, baik untuk rambut dan kuku, kandungan vitamin D dalam telur rebus juga dapat membuat tulang dan gigi kuat. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan mengatur kadar kalisum dalam darah. Proses ini memastikan kerangka tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   telur,   telur rebus










Cover April 2020