Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Agar Tubuh Langsing Usai Melahirkan

7 Makanan Agar Tubuh Langsing Usai Melahirkan

Kehamilan dan persalinan adalah momen yang sangat istimewa bagi seorang Ibu, termasuk Anda kan, Moms? Mungkin tak sedikit ibu yang ingin segera mengembalikan berat atau bentuk tubuh seperti sebelum hamil, atau bahkan lebih langsing lagi.

Namun, diet ketat bukanlah solusi, karena bukannya langsing hal tersebut justru bisa menyebabkan masalah kesehatan. Terlebih lagi bila Anda masih menyusui Si Kecil, mengurangi asupan makanan secara ekstrem dapat memengaruhi kualitas ASI Anda, Moms. Walau begitu, tak perlu khawatir karena M&B telah merangkum beberapa makanan yang bisa membantu mengembalikan bentuk tubuh Anda.

1. Kol




Sayuran ini mengandung sedikit kalori, kaya protein, dan tinggi akan serat, sehingga membantu Anda dalam proses pengembalian bentuk tubuh. Tambahkan sayur kol dalam menu harian Anda untuk mendapatkan nutrisi optimal sembari menjaga bentuk tubuh. Selain kol, Anda juga bisa menyantap beberapa sayuran yang tergolong cruciferous vegetables lain, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel untuk dapatkan manfaat serupa dengan kol.

2. Lemon dan Madu


Lemon dan madu dapat menjadi ramuan alami yang bisa membantu tubuh Anda kembali langsing seperti semula. Menurut National Honey Board, madu tidak mengandung lemak, kolesterol, dan sodium. Sedangkan lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Campurkan lemon dan beberapa tetes madu dengan air hangat, lalu minum 3 hingga 5 kali sehari, Moms. Ramuan ini dipercaya mampu membantu atasi selulit serta menjaga metabolisme tubuh, karena dapat membersihkan usus dari racun dan sisa-sisa makanan.

3. Ikan


Ikan, seperti salmon dan tuna, dapat memenuhi kebutuhan protein dan lemak Anda secara efektif. Salmon terbukti mengandung cukup yodium dan membantu fungsi tiroid Anda, sehingga mampu menjaga metabolisme tubuh tetap lancar. Sedangkan tuna mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori, sehingga tepat untuk menjaga bentuk tubuh.

4. Sayuran Hijau


Sayuran hijau memang terkenal sebagai makanan yang dikonsumsi untuk mengurangi berat badan. Hal ini tidak lain karena sayuran hijau rendah kalori, kaya akan nutrisi, serta tinggi vitamin dan mineral. Berbagai zat gizi ini dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan dan metabolisme Anda, Moms. Sayuran seperti kale, bayam, selada, dan bok choy membantu Anda tetap kenyang bergizi.



5. Telur


Bisa dibilang, telur merupakan salah satu makanan yang hampir sempurna. Kaya akan protein yang membangun tubuh, telur mampu membantu proses penyembuhan tubuh Anda setelah melahirkan. Kulit dan otot di perut Anda akan mengendur setelah melahirkan, dan protein dalam telur dapat membantu proses perbaikan dan pengembalian tubuh ke kondisi semula. Selain itu, telur juga rendah kalori, rendah lemak jenuh, namun kaya vitamin D, dan mineral.

6. Gandum


Makanan yang dibuat dari gandum sangat tepat untuk Anda yang ingin segera mengembalikan bentuk tubuh. Mengandung banyak serat, gandum akan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda sembari mencegah kenaikan berat badan. Tak hanya itu, gandum kaya akan asam folat yang baik bagi produksi ASI. Ganti roti tawar susu menjadi roti gandum, sereal yang biasa menjadi sereal gandum, konsumsi oatmeal, dan sebagainya.

7. Beri


Sebenarnya, mengonsumsi buah apa pun dapat membantu proses pengembalian bentuk tubuh seperti semula. Dibandingkan dalam bentuk jus, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah dalam bentuk utuh sehingga serat dan vitamin dapat optimal diserap tubuh. Walau begitu, mengonsumsi buah beri dapat menjaga tubuh lebih optimal karena mengandung gula sederhana dan tinggi serat.

Yang perlu Moms perhatikan, imbangi konsumsi makanan-makanan di atas dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter perihal pola makan sehat yang sesuai dengan Anda. Selamat mencoba, Moms! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: diet,   makanan setelah melahirkan,   tubuh langsing,   makanan untuk tubuh langsing










Cover April 2020