Mother&Baby Indonesia
Kandungan dan Manfaat Jeruk Mandarin untuk Tubuh Anda

Kandungan dan Manfaat Jeruk Mandarin untuk Tubuh Anda

Jeruk merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan ketika Anda berbelanja di pasar atau supermarket. Tak hanya satu jenis, kadang Anda bisa menemui beraneka jenis jeruk seperti jeruk Mandarin, jeruk Clementine, dan lain-lain.

Pada dasarnya, semua jenis jeruk memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun mungkin terkadang Anda juga penasaran tentang kandungan atau nutrisi yang ada pada jenis jeruk tertentu, tak terkecuali jeruk Mandarin yang biasanya selalu hadir di perayaan hari besar Imlek.

Jeruk Mandarin diyakini berasal dari Tiongkok. Jeruk yang termasuk dalam jenis Citrus sinensis ini berukuran kecil hingga sedang (4-8 cm) dan mudah dikupas. Tak seperti jeruk biasa, jeruk Mandarin sebenarnya tidak berbentuk bulat sempurna, melainkan sedikit berbentuk persegi, di mana bagian bawahnya rata.



Kandungan Nutrisi dari Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin kaya akan nutrisi baik untuk tubuh, di antaranya vitamin C, serat, dan nutrisi penting lainnya. Melansir laman Healthline, satu buah jeruk Mandarin yang berukuran sedang (88 gram) mengandung:

• Kalori: 47

• Karbohidrat: 12 gram

• Protein: 0,7 gram

• Lemak: 0,3 gram

• Serat: 2 gram

• Vitamin C: 26% dari nilai harian

• Magnesium: 2,5% dari nilai harian

• Kalium: 3% dari nilai harian

• Tembaga: 4% dari nilai harian

• Zat Besi: hampir 1% dari nilai harian



Manfaat Jeruk Mandarin

Mengetahui kandungan nutrisi jeruk Mandarin seperti di atas, tentu tak perlu diragukan lagi bahwa jeruk Mandarin memiliki banyak manfaat bagi tubuh, apalagi bila Anda mengonsumsi buah ini secara teratur. Manfaat dari jeruk Mandarin yang baik untuk tubuh di antaranya:

1. Kaya Antioksidan

Jeruk Mandarin kaya akan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan seperti flavonoid. Flavonoid yang mudah ditemukan dalam makanan ini merupakan jenis antioksidan yang membantu mempertahankan tubuh dari ketidakseimbangan radikal bebas yang dapat menyebabkan oksidasi yang meningkatkan penuaan dan timbulnya penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Flavonoid juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker dengan menekan gen yang mendukung pertumbuhan kanker dan menonaktifkan senyawa yang menimbulkan kanker.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk Mandarin dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh Anda untuk melawan kerusakan oksidatif, yang juga membantu membunuh mikroba berbahaya. Selain itu, kandungan vitamin C juga meningkatkan integritas kulit dan jaringan.

3. Meningkatkan Kesehatan Usus

Jeruk Mandarin kaya akan serat, baik serat larut maupun serat tidak larut. Serat larut yang ada pada jeruk Mandarin dapat membentuk gel di saluran pencernaan Anda dan menarik air ke usus untuk melunakkan feses, yang berpotensi meredakan buang air besar.

Kandungan serat tidak larut yang lebih banyak dibanding buah lainnya pada jeruk Mandarin melewati usus tanpa rusak. Kedua jenis serat tersebut juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis dan bahkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Melansir laman Healthline, diketahui ada sebuah studi yang mengaitkan diet kaya buah jeruk seperti jeruk Mandarin dengan pengurangan risiko batu ginjal. Kadar sitrat yang rendah dalam urine dapat menyebabkan jenis batu ginjal tertentu terbentuk. Untungnya, mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat meningkatkan kadar sitrat Anda, yang dianggap dapat mengurangi risiko batu ginjal. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: jeruk,   jeruk mandarin,   nutrisi