Mother&Baby Indonesia
10 Buah Kaya Kadar Air yang Baik untuk Kesehatan

10 Buah Kaya Kadar Air yang Baik untuk Kesehatan

Agar terhindar dari dehidrasi, selain dengan mengonsumsi air yang cukup setiap harinya, Moms juga disarankan mengonsumsi buah yang kaya akan kadar air. Dari banyaknya jenis buah yang ada, beberapa buah mengandung kadar air yang tinggi dari buah-buah lainnya.

Nah berikut buah-buah yang bisa Moms konsumsi agar Anda tetap terhidrasi dengan baik, Moms.

1. Jeruk

Jeruk mengandung kadar air hingga 88%. Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat meningkatkan kesehatan kulit. Jumlah serat yang tinggi pada jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, tingkat kalium yang tinggi pada jeruk juga dapat meningkatkan fungsi jantung.



2. Nanas

Kadar air yang terdapat pada buah nanas mencapai 87%. Kehadiran serat larut dan tidak larut dalam nanas dapat mengurangi sejumlah masalah pencernaan. Kandungan mangan yang tinggi dalam nanas dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Selain itu, buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin C ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula (penyakit mata serius yang menyebabkan kehilangan penglihatan).

3. Blewah

Blewah mengandung kadar air hingga 90%. Buah rendah kalori ini bisa menjadi pilihan sehat sebagai makanan penutup dan membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda bisa meyeimbangkan tekanan darah karena kandungan kalium yang tinggi pada blewah. Selain itu, betakaroten dalam blewah dapat mengurangi risiko terkena katarak dan membantu meningkatkan penglihatan.

4. Stroberi

Kadar air yang terdapat pada buah stroberi mencapai 91%. Pigmen yang ada di dalam stroberi yang disebut flavonoid dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan vitamin K dan magnesium yang tinggi dalam buah stroberi dapat meningkatkan kesehatan tulang.

5. Belimbing

Belimbing mengandung kadar air hingga 91%. Buah ini kaya akan potasium sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menyeimbangkan tekanan darah. Jumlah flavonoid dan antioksidan yang tinggi juga membantu melawan peradangan. Buah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kaya serat dan rendah kalori.



6. Semangka

Kadar air dalam buah semangka mencapai 92%. Semangka menjadi sumber likopen yang kaya, yaitu fitonutrien yang secara efektif dapat melawan sel kanker. Kandungan serat yang tinggi dalam buah semangka dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, buah yang kaya akan vitamin A ini baik untuk kesehatan rambut dan kulit Anda.

7. Tomat

Tomat mengandung kadar air hingga 94%. Dengan mengonsumsi tomat, Anda bisa mengurangi risiko hipertensi. Kandungan likopen yang tinggi pada buah tomat dapat mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, dengan mengonsumsi tomat, Moms juga dapat mencegah beberapa masalah kulit yang disebabkan terkena paparan sinar matahari.

8. Persik

Kadar air dalam buah persik mencapai 88%. Buah ini dipercaya dapat menghilangkan stres. Senyawa biologis yang ada pada buah persik dapat melawan penyakit kardiovaskular. Buah yang kaya akan vitamin C dan A juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.

9. Jeruk Bali

Jeruk Bali memiliki kadar air hingga 91%. Buah yang kaya akan kadar kalium ini dapat menyeimbangkan tekanan darah. Antioksidan yang tinggi pada buah ini juga membantu melawan kanker. Selain itu, jeruk bali yang juga kaya akan serat dipercaya dapat melawan sembelit.

10. Mentimun

Mentimun megandung kadar air paling tinggi dibanding buah-buah lainnya, yaitu mencapai 96%. Air mentimun dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda. Flavonoid yang disebut fisetin dalam mentimun dapat meningkatkan kesehatan otak Anda. Selain itu, mentimun juga dipercaya dapat mengurangi risiko batu ginjal. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   buah,   buah kaya kadar air,   manfaat buah