Mother&Baby Indonesia
10 Ikan Lokal yang Punya Nilai Gizi Tinggi untuk MPASI

10 Ikan Lokal yang Punya Nilai Gizi Tinggi untuk MPASI

Moms tentu sudah tahu bahwa mengonsumsi ikan memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Nutrisi yang dikandung di dalamnya sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Karena itu, banyak Moms yang memilih ikan sebagai menu MPASI bayi.

Namun, Anda tidak harus melulu memilih salmon atau tuna untuk MPASI Si Kecil, Moms. Negara kita juga punya banyak ikan lokal yang memiliki gizi tinggi. Ikan-ikan lokal ini selain mudah didapatkan di pasar, harganya juga terjangkau, lho!

Nah, menyambut Hari Nelayan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 6 April, berikut ini pilihan ikan-ikan lokal yang bisa Anda andalkan untuk menu MPASI bayi Anda, Moms.



1. Ikan Kembung

Seperti salmon, ikan kembung juga kaya asam lemak omega-3 dan DHA. Bahkan ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang lebih banyak dibandingkan salmon. Selain itu, ikan yang harganya ramah di kantong ini juga kaya kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, D, E, plus vitamin C. Karena itu, ikan ini cocok buat jadi pilihan menu MPASI Si Kecil.


Baca Juga: 7 Asupan Untuk Otak Sehat


2. Ikan Lele

Ikan satu ini sangat mudah ditemukan di pasar karena banyak yang membudidayakannya. Harganya pun relatif murah. Protein yang terkandung dalam ikan lele baik untuk perkembangan sel otak dan sistem imunitas anak, misalnya asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin. Ikan lele juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Selain itu, Ikan lele memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk penyerapan kalsium dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah. Plus, karena dibudidayakan di air tawar, ikan lele memiliki kandungan merkuri yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan ikan laut.


Baca Juga: Moms, Ini Manfaat Ikan Lele Untuk MPASI Bayi


3. Ikan Gurame

Ikan ini punya tekstur yang kenyal dan tidak terlalu banyak duri sehingga mudah diolah sebagai bahan MPASI. Kandungan gizi gurame juga tak kalah, lho, bahkan lebih tinggi dibandingkan ikan lele. Ikan ini punya kandungan protein sekitar 19 persen.

4. Ikan Gabus

Ikan gabus sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein yang penting bagi tubuh manusia. Buat Moms yang baru melahirkan, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan ini. Ikan gabus juga bisa memperbaiki gizi pada anak maupun ibu hamil. 100 gram ikan gabus lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi yang sangat penting buat bayi.

5. Ikan Teri

Meskipun kecil, ikan teri dikenal tinggi akan kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor. Semua nutrisi tersebut penting untuk kesehatan tulang dan menunjang pertumbuhan anak. Ikan teri juga kaya akan vitamin D dan C, dua jenis vitamin yang penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Selain itu, ikan teri mengandung berbagai lemak baik, seperti asam lemak omega-3 yang meningkatkan fungsi otak dan menjaga pertumbuhan bayi.




Baca Juga: Ini Manfaat Teri untuk MPASI Bayi Anda, Moms!


6. Ikan Tongkol

Tongkol termasuk ikan yang mudah ditemukan di pasar tradisional dan harganya juga masih terjangkau. Yang juga penting, ikan ini kaya akan protein, zat besi, kalsium, serta vitamin A dan vitamin C. Di samping itu, seperti halnya salmon, tongkol juga mengandung asam lemak omega-3.

7. Ikan Kakap

Ikan kakap termasuk salah satu ikan yang juga kerap disarankan untuk menu MPASI anak. Ikan ini tidak memiliki duri halus dan dagingnya pun tebal sehingga aman dimakan oleh bayi Anda. Kakap, terutama kakap merah, kaya akan kalsium dan asam lemak omega-3. Selain itu, kakap juga tinggi vitamin A.


Baca Juga: Moms, Ini Cara Menyimpan MPASI yang Aman dan Benar


8. Ikan Gindara

Tekstur dagingnya yang lembut membuat ikan gindara cocok untuk menu MPASI Si Kecil. Ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3, lho, tidak beda dengan salmon. Ditambah, gindara pun mengandung asam lemak omega-6 yang penting untuk proses tumbuh kembang buah hati Anda.

9. Ikan Nila

Ikan ini aslinya berasal dari Afrika, tapi kini Anda juga bisa menemukan ikan nila dengan mudah di pasar tradisional. Ikan ini kaya akan kandungan fosfor dan protein yang baik untuk ibu hamil maupun bayi. Ikan nila juga mengandung asam lemak omega-3, meskipun kandungannya tidak setinggi salmon.


Baca Juga: Kapan Boleh Memberikan MPASI Seafood pada Anak?


10. Ikan Mujair

Ikan mujair juga bisa Anda jadikan pilihan untuk menu MPASI Si Kecil lho, Moms. Mujair punya kandungan gizi yang tidak jauh beda dengan tuna, punya protein, fosfor, sodium, kalium, hingga asam lemak omega-3, namun dengan harga yang lebih ramah di kantong Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ikan,   nutrisi,   mpasi,   anak,   bayi










Cover April 2020