Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Manfaat Daun Jarak untuk Bayi Anda

Moms, Ini Manfaat Daun Jarak untuk Bayi Anda

Moms,, Anda pasti sudah pernah mengenai daun jarak. Daun jarak atau dikenal juga dengan tanaman jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ini karena tanaman jarak mengandung berbagai senyawa penting untuk mengobati berbagai macam penyakit, khususnya pada bayi.

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun jarak antara lain adalah fitonutrien, nicotiflorin, astragalin, alkaloid, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa tersebut memiliki fungsinya masing-masing, ada yang bersifat antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi dan lainnya. Lantas, apa saja manfaat daun jarak untuk bayi? Simak ulasannya berikut ini ya, Moms!




1. Mengatasi Perut Kembung

Sudah sejak lama daun jarak dipercaya mampu mengatasi perut kembung pada bayi. Cara memanfaatkan daun jarak untuk obat perut kembung adalah dengan memanggang daun jarak hingga layu, lalu beri sedikit minyak kelapa (coconut oil). Setelah itu, tempelkan daun jarak yang telah layu dan diolesi minyak kelapa tersebut pada perut Si Kecil.


2. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang bayi. Untuk mengatasinya, Moms bisa memanfaatkan daun jarak dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada daun jarak, lalu panggang hingga layu. Setelah itu, tempelkan daun jarak pada perut bayi sampai diare yang dialami oleh Si Kecil mereda.


3. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Tak hanya mampu mengatasi diare, daun jarak juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi susah buang air besar pada bayi. Caranya, panaskan daun jarak, lalu oleskan minyak telon pada daun jarak. Setelah itu, letakkan daun jarak di atas perut bayi, kemudian bungkus dengan kasa gulung atau gurita bayi.




4. Mengatasi Luka atau Iritasi Pada Kulit

Kulit bayi biasanya cenderung lebih sensitif, sehingga akan lebih mudah mengalami luka atau iritasi kulit. Daun jarak dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi luka atau iritasi pada kulit bayi. Caranya, tumbuk daun jarak sampai halus, kemudian oleskan pada kulit bayi yang mengalami iritasi atau luka. Cara ini akan menyembuhkan kulit bayi yang bermasalah dalam beberapa waktu.


5. Meredakan Demam

Bayi Anda bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37 derajat Celsius. Pada dasarnya, demam merupakan suatu reaksi tubuh dalam melawan bakteri atau kuman di dalam tubuh. Ketika Si Kecil demam, Anda bisa memanfaatkan daun jarak. Caranya, cuci daun jarak sampai bersih, lalu tempelkan pada dahi dan ubun-ubun bayi hingga demam mereda.


6. Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi

Keputihan pada mulut bayi bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Candida yang menempel pada puting susu Moms. Ketika hal ini dialami oleh bayi Anda, sudah seharusnya Anda menjaga kebersihan puting susu, dan bisa juga dengan memanfaatkan daun jarak. Cara memanfaatkannya yaitu dengan meneteskan getah daun jarak pada lidah bayi. Keputihan yang menempel akan keluar bersama dengan air liur yang dikeluarkan bayi.

Inilah 6 manfaat daun jarak untuk bayi. Bagaimana Moms, tertarik untuk mencoba manfaat daun jarak? Semoga bermanfaat! (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   daun jarak,   nutrisi,   kesehatan