Mother&Baby Indonesia
Makanan Sahur yang Baik untuk Pencernaan & Kenyang Lama

Makanan Sahur yang Baik untuk Pencernaan & Kenyang Lama

Sahur adalah rutinitas yang penting kita lakukan selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Penting, karena selain merupakan bagian dari ibadah, makanan pada waktu sahur juga akan menjadi energi bagi kita guna melakukan aktivitas seharian hingga tiba waktunya berbuka.

Selama berpuasa, tubuh diharuskan bertahan selama 12-13 jam tanpa makan dan minum. Karena itu, Anda perlu menjaga asupan gizi saat sahur. Yang penting juga diperhatikan adalah makanan yang kita konsumsi saat sahur harus mengenyangkan dan juga baik untuk sistem pencernaan. Kebayang kan, repotnya berpuasa saat Anda mengalami masalah dengan pencernaan?

Berikut ini sejumlah pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi saat sahur agar bisa menahan perut kenyang lebih lama dan punya manfaat baik untuk pencernaan Anda.



1. Beras Merah

Saat sahur, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah, karena makanan jenis ini lambat dicerna tubuh sehingga mampu membuat perut terasa kenyang sepanjang hari. Di samping itu, beras merah kaya serat, yang dapat membantu mengatur sistem pencernaan. Mengonsumsi beras merah bisa mencegah tubuh dari beragam masalah pencernaan seperti maag, kembung, dan sembelit.

2. Oatmeal

Tak hanya praktis untuk santapan sahur, oatmeal juga merupakan sumber serat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghindari sembelit. Oatmeal pun merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga tubuh tetap fit saat berpuasa. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan campuran sayuran dan protein seperti olahan ayam, daging, atau telur. Jika Anda penyuka buah, Anda juga bisa membuat oatmeal dengan campuran buah-buahan plus yoghurt atau madu.

3. Sayuran

Bersama buah-buahan, sayuran memang terkenal kaya akan serat yang berkhasiat buat kesehatan dan kelancaran pencernaan selama berpuasa. Makanan kaya serat juga berperan untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh. Ada banyak sayuran yang bisa Anda pilih, seperti brokoli, sawi, wortel, dan kacang panjang. Jenis sayuran hijau seperti asparagus, bayam, atau kale juga mengandung alkalin tinggi yang baik bagi sistem pencernaan.

4. Alpukat

Alpukat mengandung banyak serat serta lemak baik dan butuh waktu lama untuk dicerna. Mengonsumsi semangkuk alpukat atau segelas jus alpukat murni saat sahur bisa menjadi pencegah rasa lapar yang sering muncul di siang hari. Buah ini kaya akan folat, potasium, dan vitamin E. Penelitian menemukan bahwa makanan yang mengandung ketiga nutrisi ini akan lebih mengenyangkan daripada makanan lainnya.



5. Pisang

Pisang sangat mudah untuk dicerna dan lembut bagi usus. Enzim dalam pisang mampu mempercepat proses pencernaan. Pisang juga dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, serta meredakan maag dan rasa panas dalam perut. Anda bisa mengolah pisang menjadi smoothie atau pelengkap oatmeal saat sahur.

6. Kurma

Walaupun kurma sering direkomendasikan untuk menu berbuka, ternyata buah ini juga baik untuk sahur. Kurma mengandung tiga jenis zat gula, yakni glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Glukosa berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah dan fruktosa serta sukrosa berfungsi untuk menjaganya agar tetap stabil. Selain itu, kurma juga kaya akan serat. Anda bisa makan setidaknya 2 butir kurma saat sahur maupun berbuka.

7. Delima

Buah yang termasuk dalam superfood ini punya rasa manis yang segar, menjadi sumber vitamin yang baik, serta kaya kandungan antioksidan. Konsumsi jus delima saat sahur karena dapat membantu kinerja pencernaan. Selain diminum jusnya, taburan delima juga cocok untuk salad sayur Anda, Moms.

8. Lentil

Kacang-kacangan, seperti lentil, adalah jenis makanan kaya protein dan karbohidrat kompleks yang bersifat mengenyangkan. Lentil juga rendah kolesterol dan baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan lentil terdiri dari 26% protein yang berpadu dengan serat dan karbohidrat kompleks. Komposisi ini sangat memudahkan usus dalam mencerna sehingga energi yang terbakar lebih rendah dan dapat menyeimbangkan gula darah.

9. Air Putih

Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, dan mencegah dehidrasi. Jadi, mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa sangat penting untuk dilakukan. Setidaknya, minum 3 gelas air putih saat sahur agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah lemas selama berpuasa. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: sahur,   makanan sahur,   puasa,   pencernaan,   makanan untuk pencernaan










Cover April 2020