Mother&Baby Indonesia
Perhatikan ini ketika Naik Kendaraan Umum saat Pandemi

Perhatikan ini ketika Naik Kendaraan Umum saat Pandemi

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sudah mulai dilakukan di beberapa kota yang bertujuan untuk meminimalisasi penyebaran penyakit COVID-19. Masyarakat pun diimbau untuk tetap berada di rumah saja selama PSBB.

Meskipun begitu, masih ada beberapa orang yang harus pergi ke luar rumah untuk urusan pekerjaan atau keperluan penting lainnya dan memakai fasilitas transportasi umum. Nah, jika Anda maupun keluarga Anda termasuk orang-orang tersebut, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar aman dan terhindar dari ancaman COVID-19.

1. Selalu Memakai Masker

Saat menggunakan transportasi umum, usahakan untuk selalu mengenakan masker guna melindungi hidung serta mulut. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah paparan virus corona. Penggunaan masker, baik masker bedah maupun masker kain, bisa mencegah penularan virus lebih baik dibandingkan jika Anda tidak memakainya sama sekali. Jadi, jangan pernah ke luar rumah tanpa menggunakan masker ya, Moms!



2. Menjaga Jarak dengan Penumpang Lain

Sejak diberlakukannya PSBB, transportasi umum hanya diperbolehkan mengangkut 50% penumpang dari total kapasitasnya. Meskipun ruang di dalam transportasi umum jadi agak lengang larena peraturan tersebut, Anda tetap diharuskan untuk selalu menjaga jarak dengan penumpang yang lain. Patuhi peraturan dan imbauan yang diberikan oleh petugas transportasi umum.

3. Tidak Memegang Handrail secara Langsung

Saat naik transportasi umum, seperti bus Transjakarta, Commuter Line, atau MRT, dan Anda tidak kebagian tempat duduk sehingga harus berdiri, jangan memegang handrail dengan tangan secara langsung. Sebaiknya, lapisi tangan Anda dengan tisu atau pakailah sarung tangan. Hal ini berguna untuk menghindari mikroorganisme maupun virus berpindah dari handrail ke tangan Anda. Setelah turun dari transportasi umum, buang tisu ke tempat sampah dan cucilah tangan Anda dengan sabun dan air mengalir.



4. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Ketika Anda bepergian menggunakan transportasi umum, hand sanitizer harus selalu Anda bawa serta dan ada di dalam tas Anda. Ini perlu untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah naik transportasi umum jika tidak ada sabun dan air di sekitar Anda. Namun, saat sudah sampai di tempat tujuan, Anda tetap harus mencuci tangan Anda dengan bersih memakai sabun dan air mengalir. Ini adalah opsi terbaik untuk mencegah paparan virus corona.

5. Ganti dan Cuci Baju Setelah Sampai di Rumah

Setelah Anda tiba di rumah dari bepergian, segeralah mandi dengan bersih dan ganti pakaian Anda. Pakaian yang tadi dikenakan untuk bepergian sebaiknya juga segera dicuci setibanya Anda di rumah untuk melenyapkan virus dan mencegah penularan virus corona di rumah Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   virus corona,   covid-19,   pandemi,   transportasi umum










Cover April 2020