Mother&Baby Indonesia
Tips Berolahraga untuk Anda saat Pandemi Virus COVID-19

Tips Berolahraga untuk Anda saat Pandemi Virus COVID-19

Di tengah pandemi virus COVID-19 saat ini, masyarakat diimbau oleh pemerintah untuk menerapkan social distancing guna memutus rantai penyebaran virus berbahaya tersebut. Sebagian besar masyarakat pun memilih untuk tinggal di rumah.

Selama berada di rumah, Anda mungkin cenderung tidak melakukan aktivitas fisik yang berarti. Buat yang gemar berolahraga di luar ruangan, tentunya wabah virus ini dapat membuat Anda mati kutu. Ingin berolahraga keluar rumah, risikonya bisa jadi tertular virus corona.

Padahal, berolahraga merupakan salah satu cara guna menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, yang sangat penting guna memerangi ancaman virus yang datang. Sementara, jika aktivitas fisik berkurang, hal ini justru dapat melemahkan imunitas tubuh. Akibatnya, risiko terinfeksi virus pun jadi tinggi.



Kabar baiknya, Moms dan Dads, jika olahraga sudah menjadi bagian dari rutinitas harian Anda, kemungkinan sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik. Namun sangat penting untuk berhati-hati, karena meskipun Anda kebal Anda mungkin bisa saja tertular virus lewat benda-benda yang Anda sentuh saat olahraga dan berisiko menularkannya pada orang lain.

Jika Anda tetap ingin melakukan olahraga di luar ruangan, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum, selama, dan sesudah melakukannya, Moms dan Dads.


1. Cek Wilayah di Sekitar Anda

Sebelum memutuskan untuk keluar rumah guna berolahraga, ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu wilayah di sekitar tempat tinggal Anda, apakah masih tergolong aman atau tidak. Jika ada beberapa warga setempat yang terinfeksi virus COVID-19, maka urungkanlah niat berolahraga di luar ruangan. Anda bisa menggantinya dengan berolahraga di halaman rumah atau bahkan di dalam rumah. Cek juga tubuh Anda, apakah fit untuk melakukan olahraga atau tidak. Tidak perlu memaksakan diri untuk olahraga di luar jika Anda sendiri juga tidak sedang dalam kondisi bugar.


2. Kenakan Perlengkapan yang Aman dari Ancaman Virus

Sinar matahari memang dapat membunuh virus, tapi Anda mesti berhati-hati saat berolahraga, karena mungkin saja Anda tanpa sengaja menyentuh berbagai macam benda yang bisa jadi sudah terkontaminasi virus. Karena itu, kenakan perlengkapan agar Anda tetap aman selama berolahraga, misalnya masker, sarung tangan, serta kaus berlengan panjang. Jangan sepelekan perlengkapan ini, ya!




3. Perhatikan Jarak dan Tidak Beramai-Ramai

Jogging atau bersepeda tentu lebih seru jika dilakukan berbarengan, tapi untuk saat ini hal tersebut tidak perlu Anda lakukan. Namun, bila Anda tetap ingin berolahraga bersama, batasi jumlah orang yang ikut, lebih sedikit lebih baik. Sebisa mungkin saat berolahraga, jaga jarak jika berpapasan dengan orang lain dan hindari kontak fisik dengan mereka. Jangan juga berbagi botol minum atau bahkan gel hand sanitizer.


4. Jangan Olahraga Secara Berlebihan

Anda mungkin berpikir, mumpung bisa berolahraga di luar ruangan hari ini, kenapa tidak melakukannya dalam porsi lebih daripada biasanya. Jangan pernah berpikir seperti itu ya, Moms dan Dads! Lakukan olahraga seperlunya dan sewajarnya sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Olahraga ringan dapat membantu meningkatkan kekebalan Anda. Sebaliknya, olahraga yang berlebihan akan membuat kadar glikogen di tubuh berkurang yang akan berimbas terhadap menurunnya sistem imunitas tubuh.


5. Jaga Selalu Kebersihan Diri

Selama berolahraga sebaiknya Anda tidak perlu menyentuh benda apa pun. Bahkan, Anda juga sebaiknya tidak menyentuh wajah sendiri. Hindari juga meludah sembarangan. Gunakan tisu dan segera buang ke tempat sampah bila sudah dipakai.

Setelah selesai berolahraga, segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir hingga bersih. Kaus dan perlengkapan olahraga yang Anda pakai juga segera dicuci, dan Anda langsung mandi untuk membersihkan badan.


Olahraga di Dalam Rumah

Jika keadaan sekitar tidak memungkinkan untuk Anda melakukan olahraga di luar ruangan, Anda bisa berolahraga di rumah. Di saat seperti ini, ada banyak rekomendasi kelas olahraga online yang bisa Anda ikuti, lho. Mereka biasanya membuat jadwal untuk melakukan olahraga secara live melalui akun Instagram mereka. Moms dan Dads bisa cek akun Instagram mereka supaya bisa menyesuaikan jadwal mereka dengan jadwal Anda, kemudian bergabung untuk melakukan exercise bersama. Selamat berolahraga dan hidup sehat! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   virus corona,   covid-19










Cover Mei-Juni-Juli 2020