Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mencegah Kulit Berjerawat karena Pakai Masker

5 Cara Mencegah Kulit Berjerawat karena Pakai Masker

Untuk mencegah penularan virus corona, pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menggunakan masker saat ke luar rumah. Ini cara yang tepat untuk melindungi Anda dari COVID-19, maka penting untuk mematuhi peraturan ini ya, Moms.

Namun di lain sisi, terlalu sering memakai masker (baik masker bedah maupun masker kain) memang kerap membuat kulit wajah jadi berjerawat, ya. Bagi Moms yang kulit wajahnya mudah berjerawat, penggunaan masker yang ketat memang membuat area wajah yang tertutup masker jadi lebih lembap dan banyak terjadi gesekan penyebab jerawat.

Walau begitu, Moms bisa mencegah kulit wajah berjerawat karena sering memakai masker, kok. Simak beberapa tips di bawah ini yuk, Moms.



1. Istirahat dari Makeup

Sepertinya ini waktu yang tepat untuk ‘istirahat’ sejenak dari riasan wajah, dan biarkan masker kain yang keren menjadi aksesoris wajah Anda. Kulit Anda sudah sulit ‘bernapas’ ketika memakai masker, bayangkan kalau harus ditutupi makeup lagi? Biarkan kulit wajah Anda ‘bernapas bebas’ sehingga jerawat pun tidak mudah muncul.

2. Jangan Lupakan Pelembap

Sebelum memakai masker jenis apa pun, jangan lupa gunakan pelembap wajah dengan bahan dasar minyak. “Gunakan pelembap dengan kandungan shea butter, cocoa butter, atau jojoba oil, untuk membentuk suatu pembatas antara kulit Anda dengan masker,” jelas Rachael Pontillo, aesthetician, makeup artist, dan penulis buku Love Your Skin, Love Yourself pada Today.com.

3. Pilih Masker Kain

Bahan masker bedah tentu lebih kasar dibanding masker kain. Maka jika kulit Anda mudah berjerawat, pilihlah masker kain dengan bahan katun yang nyaman. Para dokter memang menyarankan untuk mengganti masker kain setiap 4 jam sekali, namun jika sebelum itu masker Anda sudah terasa tidak nyaman, sebaiknya langsung diganti saja, Moms.



Jika stok masker bersih Anda sudah habis, maka semprotkan alkohol 70% pada masker kain Anda dan biarkan hingga kering. Setelah itu, masker darurat ini bisa Anda pakai lagi. Ini tetap lebih baik daripada tanpa perlindungan masker sama sekali kan, Moms?

4. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Sangat penting untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut, karena pembersih wajah yang keras bisa merusak lapisan terluar kulit dan membuatnya kering juga mudah terjadi inflamasi. “Ini membuat kulit wajah Anda mudah iritasi saat memakai masker,” ujar Joshua Zeichner, M.D, Director of Dermatology di Mount Sinai Hospital, New York, pada Glamour.

Jika kulit Anda sudah telanjut berjerawat, pilih pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, karena ini membersihkan hingga ke pori-pori dan cukup lembut.

5. Pakai Aloe Vera

Setelah tiba di rumah, segera lepaskan masker Anda, cuci muka, dan oleskan pelembap atau aloe vera agar kembali nyaman setelah berjam-jam ditutupi masker. Dengan perawatan kulit yang baik, jerawat tak punya kesempatan untuk muncul di wajah Anda. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: jerawat,   masker,   kesehatan,   kecantikan










Cover April 2020