Mother&Baby Indonesia
Cara Aman Bersihkan Bahan Makanan untuk Cegah COVID-19

Cara Aman Bersihkan Bahan Makanan untuk Cegah COVID-19

Hingga saat ini memang tidak ada indikasi bahwa makanan bisa menjadi salah satu sumber penyebaran virus COVID-19. Namun, tentu kita harus mengantisipasi terjadinya penularan dari makanan yang kita makan, dengan cara selalu membersihkan makanan sebelum dimakan.

Walaupun begitu, kita tidak bisa membersihkan bahan makanan, seperti buah dan sayur, dengan menggunakan detergen atau sabun cuci ya, Moms. Karena seperti dikutip dari Huffingtonpost, mencuci bahan makanan, seperti sayuran dan buah-buahan dengan sabun atau produk pencuci sejenis bukanlah hal yang tepat.

Buah-buahan dan sayur dapat menyerap bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk membersihkannya. Sekalipun Anda yakin telah mencucinya dengan bersih, bahan kimia tersebut tidak akan keluar dan tetap menjadi masalah bagi kesehatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, cucilah bahan makanan dengan tepat seperti langkah berikut ini, Moms.



Bersihkan Kemasan

Jika bahan makanan tersebut dibungkus dengan kemasan, maka keluarkan makanan dari kemasan. Bersihkan makanan dan simpan pada wadah. Beberapa jenis makanan mesti disimpan di dalam kulkas dan sebagian yang lain dapat disimpan di ruang terbuka.

Mencuci Tangan

Pastikan Anda selalu mencuci tangan ketika selesai membuang kemasan atau setelah menyiangi sayuran dan bahan makanan. Selalu mencuci tangan dengan mengunakan sabun dan air mengalir ya, Moms. Pastikan juga Anda mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Anda juga dilarang menyentuh hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan. Dan jangan lupa, terapkan enam langkah mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) guna mencegah paparan virus corona.

Mencuci Makanan




Moms bisa mencuci bahan makanan dengan air bersih mengalir. Tidak perlu menggunakan sabun cuci atau detergen, cukup dengan menggosok sayur atau buah secara lembut sambil membilasnya dengan air. Untuk beberapa bahan makanan yang keras, seperti kentang, melon, dan wortel, Moms bisa menggosoknya menggunakan sikat hingga bersih.

Tenang, Moms, berdasarkan penelitian yang berhubungan dengan penyakit bawaan makanan dan virus lainnya, sebanyak 90-99% virus dan kuman pada makanan dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan air mengalir. Hal tersebut diungkapkan oleh Ben Chapman, seorang profesor dan spesialis penyuluh keamanan pangan di North Carolina State University, AS.

Setelah bahan makanan bersih, Moms bisa simpan dengan menaruhnya di wadah yang bersih dan meletakannya di lemari pendingin.

Bilas kembali Bahan Makanan Ketika akan Dipakai

Ketika makanan tersebut hendak dimasak atau dimakan, jangan lupa untuk mencuci kembali dengan air dingin yang mengalir. Ingat ya, Moms, tidak perlu menggunakan sabun atau detergen, karena bahan kimianya dapat meresap dan bersifat toxic pada tubuh kita. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: virus corona,   covid-19,   mencuci makanan,   kesehatan










Cover April 2020