Mother&Baby Indonesia
Hindari Stres dengan Postur Duduk yang Tepat Selama WFH

Hindari Stres dengan Postur Duduk yang Tepat Selama WFH

Bekerja dari rumah mungkin awalnya terdengar menyenangkan, karena pengaturan waktu bisa lebih fleksibel dan tidak merepotkan. Tapi ternyata banyak orang yang kini mulai mengeluh karena rasa tidak nyaman dan stres selama bekerja di rumah.

Alih-alih lebih produktif, work from home malah sebabkan stres yang lebih berat dibandingkan saat bekerja di kantor. Padahal ini bisa dicegah lho, Moms. Salah satunya adalah dengan memperhatikan postur duduk yang tepat selama bekerja.

Manfaat Posisi Tubuh yang Baik

Melansir Medical News Today, posisi duduk yang baik saat bekerja tak hanya mampu memperbaiki dan menjaga kesehatan, tapi juga menambah rasa percaya diri. Postur duduk yang tepat dapat membantu mengurangi risiko tegang otot pada tubuh, mengurangi kerusakan otot dan ligamen, menjaga keseimbangan saat bergerak dan berolahraga, dan memperbaiki kesehatan tulang belakang. Melansir CNBC, Eric Robertson, terapis fisik dan juru bicara American Physical Therapy Association menyatakan bahwa posisi tubuh saat bekerja yang benar dapat membantu mengatasi stres dan ketegangan.



Gunakan Meja dan Kursi Kerja

Usahakan untuk bekerja dengan meja dan kursi kerja, terlebih lagi bila Anda menggunakan laptop atau komputer. Saat bekerja dengan meja dan kursi, pastikan:

• Kenyamanan kursi. Atur tinggi atau pilih kursi yang tingginya pas. Tandanya, pinggang dan paha membentuk sudut 90 derajat saat Anda duduk di kursi. Anda juga bisa gunakan bantal tipis untuk kenyamanan ekstra.

• Jarak pandang layar. Saat Anda menggunakan komputer, posisikan layar komputer tidak lebih tinggi dari pundak Anda. Sedangkan penggunaan laptop dapat sangat tricky, karena layar bisa saja terlalu rendah sehingga leher cepat pegal, atay keyboard terlalu tinggi sehingga tak nyaman saat mengetik. Idealnya, monitor laptop haruslah sedikit di bawah level mata sehingga leher tak merasa sakit saat membaca. Posisi laptop lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan kerja. Bila harus membaca secara intensif, maka posisikan laptop agar layar bisa sesuai dengan arah pandangan mata. Saat mengetik, laptop harus berada di level di mana lengan bisa membentuk sudut 90 derajat.

• Posisi kaki yang baik dan nyaman. Jaga kaki untuk tetap menempel pada lantai, dan hindari menyilangkan kaki atau tumit. Posisikan lutut setinggi atau lebih rendah dari pinggang.

• Posisi punggung yang benar. Duduk tegak menghadap ke depan dan berikan celah kecil dari sandaran untuk menghindari tegang otot dan mudah lelah. Posisi duduk yang membungkuk atau miring ke samping hanya akan membuat cepat lelah dan pegal, bahkan bisa menyebabkan kram dan tegang otot. Bila merasa pegal, Anda bisa sangga punggung dengan bantal kecil. Jangan lupa lemaskan pundak agar bekerja terasa lebih santai.

Posisi tangan dan lengan membentuk huruf L agar tangan tak cepat lelah.

• Jangan lupa beristirahat setiap setengah atau satu jam sekali selama 10-15 menit. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap segar.



Bila Tak Ada Meja dan Kursi Kerja

Tidak semua orang memiliki fasilitas kursi dan meja kerja seperti di kantor. Sedangkan bekerja di atas kasur selama delapan jam tentu tak baik bagi tubuh Anda, Moms. Berikut beberapa tips dari Karen Jacobs, occupational therapist dan certified ergonomist, profesor klinis di Occupational Therapy  Programs di Boston University College of Health and Rehabilitation Sciences:

1. Ubah postur setiap satu jam sekali, karena duduk dengan posisi yang sama seharian dapat berujung pada sakit punggung, leher, dan pundak. Misalnya, Anda bisa mulai bekerja di meja dapur lalu mengubah postur menjadi berdiri atau bekerja dengan selonjoran di sofa.

2. Gunakan bantal tipis atau handuk tebal sebagai alas duduk Anda. Hal ini dapat membuat kursi biasa atau menjadi lebih nyaman.

3. Sangga punggung dengan bantal untuk tingkatkan kenyamanan. Terlebih lagi bila Anda sering merasa sakit di punggung bagian bawah.

4. Naikkan kaki pada permukaan yang tinggi atau meregangkan kaki dapat melancarkan sirkulasi darah pada kaki sehingga kaki terus terasa nyaman. Idealnya, pinggang dan paha membentuk sudut ketika Anda duduk di kursi, tapi Anda juga bisa goyangkan kaki ke depan belakang untuk peregangan.

5. Istirahat setiap 30 menit. Berjalan-jalan atau lakukan peregangan dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah sakit punggung.

6. Saat menggunakan laptop, ingatlah untuk menyesuaikan posisi laptop dengan kebutuhan kerja Anda. Bila harus membaca atau menatap layar dengan intens, utamakan layar setara dengan jarak pandang mata. Bila harus mengetik, maka letakkan laptop di permukaan datar setinggi perut agar mengetik bisa nyaman. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: wfh,   work from home,   bekerja di rumah,   working mom,   ibu bekerja,   kesehatan










Cover April 2020