Mother&Baby Indonesia
Cara Membersihkan Masker Kain yang Benar

Cara Membersihkan Masker Kain yang Benar

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker setiap kali beraktivitas ke luar rumah. Bagi Anda yang sehat, tidak perlu memakai masker bedah, karena masker bedah sebaiknya hanya digunakan para petugas medis, orang sakit, dan mereka yang harus mengurus pasien COVID-19. Untuk pencegahan, penggunaan masker kain lapis tiga saja sudah cukup kok, Moms.

Masker kain tentunya lebih mudah didapat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam ya, Moms. Selain itu, masker kain juga memiliki begitu banyak pilihan motif yang tak hanya menjaga Anda dari infeksi corona, tetapi juga menunjang penampilan jadi lebih keren.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. Jika kurang dari 4 jam sudah terasa lembap atau basah, Anda juga perlu menggantinya dengan masker kain yang bersih. Namun setelah dibuka, sebaiknya masker kain langsung dicuci bersih dengan cara yang benar. Yuk, ikuti tips dr. Reisa Broto Asmoro dalam mencuci masker kain.



Bahan yang Dibutuhkan


1. Detergen atau penghilang noda

2. Air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat Celsius

3. Baskom

4. Sarung tangan dapur

5. Jemuran pakaian

6. Handuk bersih

Cara Mencuci Masker Kain

1. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.



2. Isi baskom dengan air, kemudian masukkan detergen atau penghilang noda sesuai instruksi kemasan. Campur larutan hingga merata.

3. Rendam masker ke dalam larutan, diamkan selama 10 menit.

4. Setelah 10 menit, kucek masker dengan lembut. Jangan kucek terlalu kuat agar serat kain tetap bagus dan efektivitas masker tidak berkurang.

5. Bilas masker dengan air mengalir. Pastikan terbilas hingga bersih.

6. Serap cairan berlebih di masker dengan handuk bersih.

7. Jemur masker di tempat yang terpapar sinar matahari, panas, dan memiliki ventilasi udara yang baik.

8. Cuci tangan lagi dengan air mengalir dan sabun.

Seberapa Efektif Masker Kain?

Mencuci masker kain ternyata mudah kan, Moms? Jangan sampai dicuci asal-asalan, ya. Dokter Reisa juga menyarankan setiap orang untuk memiliki setidaknya 3 masker kain bersih, yang perlu diganti setiap 4 jam sekali atau setiap terasa tidak nyaman.

“Masker kain tidak lebih baik sih, dari masker bedah, namun lebih efektif lho, dibandingkan tanpa proteksi apa pun, terutama saat kita berada di luar rumah. Ternyata masker kain itu cukup mengurangi percikan saluran napas atau droplets, dan virus corona sebanyak 71 hingga 97 persen,” jelas dr. Reisa dalam video IGTV di akun @reisabrotoasmoro (12/4/20). Jangan lupa pakai masker setiap ke luar rumah ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: masker kain,   virus corona,   covid-19,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020