Mother&Baby Indonesia
8 Essential Oil untuk Meredakan Batuk Pilek

8 Essential Oil untuk Meredakan Batuk Pilek

Di tengah pandemi virus corona seperti saat ini, Moms dan keluarga harus ekstra dalam menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai daya tahan tubuh melemah dan sakit ya, Moms, karena jika Anda tidak menjaga kesehatan dengan baik selama #DiRumahAja, maka beberapa penyakit, seperti batuk dan pilek, dikhawatirkan bisa menyerang Anda.

Jika Moms mulai merasakan batuk dan pilek, tidak perlu buru-buru minum obat batuk dan pereda pilek, karena penggunaan beberapa jenis essential oil juga efektif untuk meredakan batuk pilek. Yuk, ketahui jenis-jenis essential oil tersebut.

1. Tea Tree

Jenis yang satu ini memang terkenal ampuh sebagai antibakteri dan antivirus, sehingga sangat tepat untuk digunakan sebagai pereda batuk dan pilek. Moms bisa mencampurkan 5-10 tetes tea tree ke diffuser, dan biarkan menyala menemani waktu tidur Anda.



2. Eucalyptus

Sebuah studi yang dipublikasikan di Alternative Medicine Review menemukan fakta bahwa eucalyptus memiliki efek antimikrobial, yang efektif membasmi bakteri penyebab Anda sakit. Ini juga mengurangi inflamasi, nyeri, dan otot tegang karena flu.

3. Rosemary

Siapa bilang essential oil jenis ini hanya berguna untuk mengharumkan ruangan? Rosemary mengandung cineole, yang membantu mengurangi inflamasi dan melancarkan mucus atau cairan hidung.

4. Peppermint

Biasanya semua produk yang diklaim melancarkan pernapasan, mengandung ekstrak peppermint yang biasa disebut menthol. Ketika Anda menghirup essential oil ini, sensasi dingin membantu melancarkan pernapasan akibat flu. Moms bisa menggunakan diffuser atau mencampurkan ke minyak oles. Nyaman!

5. Frankincense

Jenis essential oil ini memang dikenal sangat harum, tetapi juga efektif melancarkan sistem pernapasan lho, Moms. Menurut Medical News Today, essential oil frankincense sering digunakan untuk meredakan batuk, asma, dan bahkan bronkitis.



6. Oregano

Siapa bilang oregano hanya bisa dipakai untuk bumbu masak? Faktanya, essential oil jenis ini mengandung carvacrol, antimikrobial yang efektif membasmi berbagai bakteri. Ini baik untuk membasmi virus dan bakteri penyebab batuk lho, Moms.

7. Cinnamon

Kayu manis atau cinnamon tak hanya enak dicium, tetapi juga baik untuk membasmi bakteri penyebab masalah pernapasan. Anda bisa meneteskan beberapa tetes essential oil kayu manis atau bisa dicampurkan ke minyak oles untuk meredakan batuk dan pilek.

8. Thieves

Beberapa merek essential oil memiliki varian thieves, yang terdiri dari campuran essential oil kayu manis, cengkeh, eucalyptus, rosemary, dan sedikit lemon. Perpaduan ini sudah dikenal ampuh membasmi virus dan bakteri penyebab batuk pilek. Thieves juga efektif melegakan pernapasan lho, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: essential oil,   rekomendasi,   batuk,   pilek,   kesehatan