Mother&Baby Indonesia
Cara Menjaga Kesehatan Gigi saat Pandemi Corona

Cara Menjaga Kesehatan Gigi saat Pandemi Corona

Demi terhindar dari penyebaran virus corona, Anda tentu melakukan segala upaya mulai dari menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, berolahraga, dan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

Namun bukan cuma itu, menjaga kesehatan gigi selama masa pandemi ini juga sangatlah penting, Moms! Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan pada gigi, sehingga Anda tak perlu mengunjungi dokter terkait imbauan untuk tetap #dirumahaja.

Rajin Sikat Gigi



Sebenarnya, secara umum, cara untuk menjaga kesehatan gigi di masa pandemi ini adalah dengan rutin menyikat gigi setiap hari dan membersihkan sela-sela gigi untuk mencegah kerusakan gigi. Melansir laman Healthline, seorang dokter bedah gigi, Daniel Rodda, DDS, menganjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi sekali sehari. Hal ini juga dilakukan untuk mengontrol adanya plak gigi.

Kebersihan gigi juga bisa Anda jaga dengan menggunakan sikat gigi elektrik dan menyikat gigi Anda selama 2 menit untuk memastikan kebersihan mulut Anda. Menurut Faraj Edher, DDS, dokter bedah gigi sekaligus seorang ahli prostodontis, hal ini telah terbukti menjaga tingkat kebersihan mulut lebih tinggi.

Hal tersebut pun sangat penting dilakukan pada saat Anda tidak bisa leluasa mengunjungi dokter gigi atau ahli kesehatan gigi untuk melakukan pemeriksaan atau perawatan gigi di masa pandemi.

Pakai Obat Kumur

Selain menyikat gigi, Anda juga bisa menggunakan obat kumur berbasis non-alkohol dua kali sehari untuk membantu mengurangi penumpukan plak yang menyebabkan radang gusi (gingivitis).

Dokter bedah gigi, Mark Burhenne mengungkapkan, obat kumur yang mengandung banyak alkohol atau pasta gigi dengan komponen bakterisida, seperti triclosan atau bahan antibakteri lainnya, dapat sangat mengganggu kesehatan mikrobioma oral. Sedangkan mikrobioma oral adalah komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh.



Burhenne menambahkan, sebaiknya Moms menggunakan pasta gigi hidroksiapatit, yang lebih sedikit bersifat bakterisidal daripada fluorida, tetapi juga membangun kembali enamel gigi secara seimbang.

Jaga makanan Anda

Di saat melakukan karantina mandiri di masa pandemi ini, dikhawatirkan kebiasaan mengemil akan meningkat hanya untuk mengusir stres atau kebosanan. Maka, Anda disarankan tidak mengemil secara berlebihan, karena apa yang Anda makan juga sangat berpengaruh pada kesehatan gigi Anda.

Menurut dokter bedah gigi, Chris Strandburg, DDS, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan bertepung terlalu sering. “Makanan bertepung menyebabkan asam di mulut yang melarutkan permukaan gigi. Semakin sering gigi kita terkena asam dari makanan tersebut, gigi akan semakin lemah dan tipis.

Mengonsumsi karbohidrat non-serat juga sebaiknya dihindari karena dapat berkontribusi pada penumpukan plak. Bila memungkinkan, Anda juga disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan olahan.

Hentikan Kebiasaan Tak Sehat

Melansir laman Healthline, dokter bedah gigi, Jared Cox, DDS, mengatakan kebiasaan merokok dan minum minuman alkhol dapat menyebabkan kerusakan gigi. “Merokok dapat menghambat suplai darah ke gusi Anda dan meningkatkan risiko infeksi gusi. Sedangkan paparan alkohol yang tinggi dapat mengeringkan sel-sel di pipi dan gusi Anda,” jelasnya.

Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Jika Anda mencurigai adanya penyebaran COVID-19 di lingkungan rumah Anda, dokter bedah gigi, Mike Golpa, DDS mengatakan bahwa disinfeksikan sikat gigi bisa dilakukan. Selain itu pastikan sikat gigi, pembersih lidah tertutup, dan bersihkan alat-alat tersebut sebelum digunakan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   gigi,   kesehatan gigi,   merawat gigi










Cover April 2020