Mother&Baby Indonesia
Amankah Bayi Menyusu pada Ibu yang Terjangkit COVID-19?

Amankah Bayi Menyusu pada Ibu yang Terjangkit COVID-19?

Penyebaran virus corona semakin hari semakin luas dan memakan banyak korban jiwa. Penularannya yang mudah membuat virus ini cepat meluas dan menjangkiti segala kalangan, tak terkecuali ibu menyusui.

Hal ini tentu menjadi momok menakutkan bagi para Moms, karena ketika seseorang positif terkena virus corona, ia harus melakukan isolasi, baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri jika hanya memiliki gejala ringan.

Lantas ketika seorang ibu menyusui positif terjangkit COVID-19, apakah ia masih bisa tetap menyusui Si Kecil? Karena di sisi lain, Si Kecil masih membutuhkan asupan ASI eksklusif untuk pemenuhan nutrisinya.



Menjawab hal tersebut, hingga kini masih belum terdapat penelitian atau laporan kasus yang menyatakan bahwa infeksi virus corona dapat menular melalui ASI. Namun, mengutip penjelasan dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berdasarkan studi yang telah dilakukan pada wanita dengan COVID-19, sejauh ini tidak dideteksi adanya virus dalam ASI.

Seperti diketahui, ASI memiliki banyak manfaat untuk bayi karena dapat menunjang pertumbuhannya dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. OLeh karena itu, badan kesehatan dunia (WHO), menyatakan bahwa ibu yang terinfeksi COVID-19 masih bisa menyusui bayinya.

Tips Aman Ibu yang Terjangkit COVID-19 Menyusui Bayinya

Meskipun begitu, tentu saja masih ada risiko penularan virus COVID-19 dari ibu kepada bayi ketika terjadinya kontak fisik saat menyusui. Oleh sebab itu, menyusui bayi pun harus dilakukan dengan cara-cara yang aman dengan tetap menjaga kebersihan.

Untuk mencegah penularan virus corona pada bayi, ibu menyusui disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

1. Selalu mengenakan masker saat berada di dekat bayi dan anak-anak, termasuk ketika menyusui.



2. Mencuci tangan serta membersihkan puting dan kulit di sekitarnya sebelum dan sesudah menyusui bayi, juga sebelum memerah ASI.

3. Memberikan ASI perah atau ASIP, lalu memberikannya pada bayi di dalam botol susu yang bersih.

4. Memberikan susu formula kepada bayi sebagai pengganti ASI, jika Moms tidak dapat menyusui Si Kecil. (Binar MP/SW/Dok. Freepik & Germas)





Tags: bayi,   virus corona,   covid-19,   ibu menyusui