Mother&Baby Indonesia
Asupan Penting untuk Menangkal Virus buat Anak

Asupan Penting untuk Menangkal Virus buat Anak

Sebagai ibu, kabar mengenai penyebaran virus corona di Indonesia tentu membuat Anda khawatir. Moms tentunya tak ingin buah hati Anda juga terjangkit COVID-19.

Meminimalisasi kegiatan di luar rumah dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan COVID-19. Akan tetapi, satu hal yang tak kalah penting guna menangkal virus adalah memastikan Si Kecil mendapat asupan nutrisi yang baik.

Ada banyak asupan bergizi yang diyakini bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh anak. Berikut adalah beberapa di antaranya.



Telur

Selain sebagai sumber protein, telur juga mempunyai banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan zinc. Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk kesehatan. Vitamin dan mineral yang ada di dalam telur diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedangkan antioksidan dan proteinnya bisa meningkatkan nutrisi tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin tapi tidak berlebihan, telur mampu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil terhadap serangan virus.

Salmon dan Tuna

Kedua jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi otak anak dan penglihatannya. Selain itu, salmon dan tua juga mengandung vitamin D yang berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Nilai plus lainnya adalah adanya kandungan zat besi, zinc, vitamin B6, dan B12 yang bermanfaat dalam membantu perkembangan otak anak.

Wortel

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga fungsi mata. Tapi tahukah, Moms? Vitamin A juga mampu membantu tubuh melawan infeksi. Mengonsumsi wortel secara rutin dan teratur bisa meningkatkan jumlah trombosit darah dan limfosit sehingga sel darah tersebut bisa membantu mengatur imunitas tubuh anak. Sementara itu, kandungan betakaroten dalam wortel bisa melindungi lapisan yang membungkus organ pencernaan dan pernapasan. Dengan begitu, bakteri dan virus penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam darah.



Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Perlu diketahui, probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA. Selain itu, yoghurt juga diklaim mampu memelihara kesehatan dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Efek ini didapat dari kandungan magnesium, selenium, dan zinc yang terdapat dalam yoghurt.

Bayam

Bayam mengandung asam folat dan vitamin yang baik bagi kesehatan anak. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin E yang bermanfaat dalam memerangi berbagai bakteri serta virus yang berbahaya. Vitamin E juga dapat menjaga dan melindungi sel-sel anak dari kerusakan. Segala kandungan nutrisi yang terkandung dalam bayam tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Brokoli

Selain bayam, brokoli juga merupakan sayuran hijau yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. 

Buah Berwarna Cerah

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik dalam memiliki kemampuan dalam hal ini adalah pepaya, jeruk, lemon, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   makanan,   virus,   virus corona,   covid-19,   vitamin,   mineral,   antioksidan










Cover April 2020