Mother&Baby Indonesia
5 Menu Sarapan Ini Bisa Sebabkan Obesitas, Lho!

5 Menu Sarapan Ini Bisa Sebabkan Obesitas, Lho!

Banyak yang bilang, sarapan adalah makanan paling penting dalam sehari. Sepertinya ini ada betulnya, Moms, karena sarapan memang bagai ‘bahan bakar’ yang mengawali aktivitas Anda dan Si Kecil. Itu sebabnya, menu sarapan yang kaya nutrisi sangat penting untuk dikonsumsi.

Moms harus cermat dalam memilih menu sarapan, karena ada beberapa makanan yang biasanya disajikan untuk sarapan, tetapi justru berpotensi menyebabkan obesitas! Apa saja menu sarapan tersebut? Keep reading!

1. Sereal




Menu sarapan yang satu ini memang enak, mudah disajikan, dan tentunya disukai Si Kecil. Namun tahukah Anda kalau kandungan gula pada sereal sangat tinggi? Parahnya, banyak orang tua yang menganggap sereal tinggi gula adalah menu sarapan yang sehat. Mulai sekarang, yuk, bijak memilih sereal untuk anak.

Coba pilih sereal dengan keterangan gula 5 gram per porsi atau bahkan memberikan sereal tanpa pemanis (unsweetened cereal). Sebagai permulaan, Moms bisa mencampur setengah sereal favorit anak dengan setengah sereal tanpa pemanis. Rasanya akan tetap manis, kok, Moms!

2. Produk Daging Olahan


Anak-anak biasanya senang sekali kalau diberi menu sarapan sosis goreng, nugget, bacon, hashbrown, dan makanan olahan serba goreng lainnya. Menu sarapan ini memang enak, cepat saji, dan bisa dikreasikan menjadi berbagai menu lainnya. Padahal, menu sarapan ini bisa meningkatkan risiko gangguan jantung lho, Moms! Risiko anak mengalami obesitas juga tentu saja meningkat, karena menu sarapan ini penuh dengan lemak jenuh.

3. Jus Buah


Jus buah memang terlihat sehat dan menyegarkan! Apalagi jika disajikan untuk sarapan. Menyajikan jus buah untuk sarapan tidak sepenuhnya salah, namun pastikan jus buah tersebut dibuat sendiri, juga bebas gula dan pemanis buatan ya, Moms.



Jus pada umumnya mengandung karbohidrat dan gula yang membuat Si Kecil lebih cepat lapar sebelum tiba waktunya makan siang. Maka, ada baiknya Moms juga menyajikan makanan sarapan lainnya bersama dengan jus buah, sehingga anak tidak sarapan jus buah saja. 

4. Donat


Tubuh memang butuh energi untuk beraktivitas seharian, tapi bukan berarti anak harus memulai hari dengan makanan yang serba manis, lho. Beberapa makanan manis seperti donat dan produk roti lainnya sering disajikan sebagai menu sarapan, padahal kandungan gula dan lemaknya tinggi sekali.

Proses pembuatannya juga kurang sehat, yaitu digoreng dengan banyak minyak (deep fried), banyak gula, krim, dan mentega. Wah, banyak sekali kalori, tetapi gizinya tidak banyak. Rugi deh, kalo sarapan seperti ini.

5. Selai


Roti bakar mungkin menjadi menu sarapan kebanyakan anak di dunia. Tidak ada yang salah dengan menyajikan roti bakar untuk sarapan, namun sebaiknya Moms mengganti selai dengan buah-buahan segar. Selai kacang, cokelat, stroberi, atau selai lain yang disukai anak, umumnya mengandung banyak gula, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan obesitas.

Untuk mencegah itu, mari sajikan menu sarapan sehat, seperti roti bakar dengan olesan alpukat dan chia seed yang lebih aman dan mengenyangkan. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: sarapan,   kesehatan,   obesitas,   anak,   nutrisi