Mother&Baby Indonesia
Bikin Enggak Gampang Sakit! Ini Manfaat Black Garlic

Bikin Enggak Gampang Sakit! Ini Manfaat Black Garlic

Di tengah pandemi corona seperti saat ini, menjaga kesehatan tubuh adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar tak terinfeksi virus. Cara menjaga kesehatan tubuh tentunya ada banyak, mulai dari olahraga #DiRumahAja mengikuti kelas online, hingga mengonsumsi berbagai makanan sehat kaya nutrisi yang baik untuk menjaga imunitas tetap kuat.

Nah, salah satu makanan yang baik untuk Anda konsumsi adalah black garlic atau bawang hitam. Peminatnya pun semakin banyak, karena bawang hitam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaat black garlic? Keep scrolling!

Apa Itu Black Garlic?




Jenis bawang yang satu ini sudah mulai 'ngetren' sejak setahun terakhir ini. Ini adalah bawang putih yang telah melalui proses fermentasi selama 40-90 hari hingga berubah warna menjadi hitam dan teksturnya agak lengket. Ini mirip dengan bawang putih yang dipanggang, namun proses pemanggangannya menggunakan api yang sangat kecil selama puluhan hari.

Reaksi kimia dari proses panjang tersebut mengubah rasa bawang putih menjadi manis. Kok warnanya hitam? Warna hitam didapat dari produksi komponen yang disebut dengan melanoidin, yang terjadi ketika gula dan asam amino bersatu.

Manfaat Black Garlic


Tak hanya rasanya yang enak dan mudah dikreasikan menjadi berbagai menu masakan, black garlic atau bawang hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Yuk, ketahui beberapa manfaatnya di bawah ini:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut Victoria Health, black garlic menstimulasi produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh sebagai ‘bahan bakar’ produksi sistem imun tubuh. Ini juga penting untuk membasmi infeksi lho, Moms. Bahkan sebuah penelitian menemukan fakta kekuatan bawang putih yang bisa dibilang mirip dengan dengan kekuatan antibiotik dalam melawan infeksi.

2. Mencegah Kanker

Sudah banyak penelitian mengenai kaitan bawang hitam dan upaya mencegah kanker. Faktanya, black garlic atau bawang hitam memang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker dan leukemia, yang tentu masih berkaitan erat dengan kandungan antioksidan tinggi di dalamnya.



3. Sumber Antioksidan

Antioksidan dikenal efektif membasmi radikal bebas di tubuh Anda. Mengutip MSN, sebuah studi menunjukkan black garlic memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding bawang putih biasa. Ini sangat baik untuk mencegah perkembang kanker, diabetes, dan berbagai masalah kesehatan lainnya, Moms.

4. Menyeimbangkan Gula Darah

Mengonsumsi black garlic bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah Anda lho, Moms. Menurut MSN, sebuah studi menguak fakta black garlic membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

5. Menyehatkan Jantung

Sudah bukan rahasia lagi, bawang putih memang sangat baik untuk menyehatkan jantung. Berita baiknya, black garlic memberikan perlindungan lebih baik agar jantung Anda sehat, dibandingkan bawang putih biasa.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan rutin mengonsumsi black garlic. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu meredakan peradangan di otak, juga membantu menjauhkan Anda dari dementia, alzheimer, dan parkinson. (Tiffany/SW/Dok. Flickr, Pixabay)



Tags: black garlic,   bawang hitam,   nutrisi,   sistem imun,   kesehatan










Cover April 2020