Mother&Baby Indonesia
6 Olahraga Mudah bersama Anak agar Sehat selama Pandemi

6 Olahraga Mudah bersama Anak agar Sehat selama Pandemi

Agar terhindar dari ragam penyakit karena paparan bakteri dan virus, tubuh Anda tentu harus selalu bugar. Selain mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi, olahraga secara rutin menjadi penting dilakukan, terutama saat pandemi ini.

Adanya anjuran physical distancing pun mengubah kebiasaan olahraga yang biasanya di luar rumah, jadi harus dilakukan di dalam rumah. Tapi jika Moms bosan melakukannya seorang diri, Anda bisa berolahraga bersama Si Kecil, sekaligus mengajarkannya menjalani gaya hidup sehat. Apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama anak saat di rumah saja? Berikut selengkapnya, Moms.

1. Lompat Tali

Melakukan gerakan lompat tali jadi olahraga yang paling mudah dilakukan. Jika tidak punya tali khusus, Anda masih bisa menyiasati dengan tali tambang kecil atau jenis tali lain yang ada di rumah. Pastikan bahwa talinya sudah cukup kuat agar saat diputar tidak gampang lepas ya, Moms! Lakukan gerakan selama 15-30 kali akan sangat membantu membuat tubuh bugar sekaligus menstimulasi kelincahan Si Kecil.



2. Lempar Bola

Bola yang biasa digunakan bermain Si Kecil sebenarnya bisa dipakai sebagai alat untuk olahraga. Beri jarak antara Anda dan anak kira-kira 1-3 meter. Kemudian, Anda bisa melempar bola ke arah anak dan biarkan ia mengejarnya, begitu pun dengan Anda yang mengejar bola dari anak. Selain melatih ketangkasan, olahraga ini juga melatih keseimbangan Si Kecil maupun Moms.



3. Squat dan Butt Kick

Dua gerakan ini memang tidak butuh alat khusus. Anda bisa menggendong Si Kecil di bahu sebagai pengganti beban. Berdirilah tegak, dengan posisi kaki terbuka selebar pinggul. Letakkan tangan di pinggul. Luruskan punggung, busungkan dada, dan tarik otot perut ke arah dalam. Turunkan bagian bokong seolah-olah akan duduk dan tekuk lutut sembari pastikan posisi badan bagian atas tetap tegak.



Selain itu, gerakan butt kick juga bisa dilakukan beriringan dengan Si Kecil. Caranya, ayunkan kaki ke belakang hingga tumit mengenai bokong. Lakukan olahraga ini 10-15 menit, yang bisa sekaligus melatih anak menjadi lebih aktif.

4. Zumba

Anda dan Si Kecil suka menari? Olahraga zumba bisa menjadi pilihan untuk dilakukan di rumah. Ada banyak rekomendasi video untuk melakukan zumba bersama anak di berbagai platform. Bisa juga ciptakan gerakan sendiri dengan pilihan lagu sesuai selera Anda dan Si Kecil, Moms.

5. Yoga

Gerakan sederhana dalam yoga tentu bisa Anda lakukan bersama Si Kecil. Selain membuat tubuh lebih relaks dan pernapasan menjadi lebih baik, olahraga ini juga bisa membantu membuat diri mudah tenang. Ada banyak panduan untuk melakukan yoga bersama anak yang bisa Anda temui dan ikuti di berbagai platform video.

Selain jenis-jenis olahraga tadi, Moms juga bisa melakukan gerakan-gerakan berikut ini bersama Si Kecil di dalam rumah. Jadi selain tubuh menjadi lebih sehat, Anda dan anak pun bisa menjadi lebih dekat, terutama saat harus di rumah saja. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   olahraga,   pandemi,   covid-19,   virus corona










Cover April 2020