Mother&Baby Indonesia
Tips Mengatur Pola Makan Anak saat Berpuasa

Tips Mengatur Pola Makan Anak saat Berpuasa

Moms, apakah Si Kecil mulai ikut berpuasa di bulan Ramadan kali ini? Bila ya, sepertinya mengatur pola makan Si Kecil selama ia puasa cukup menjadi tantangan tersendiri bagi Anda ya, Moms. Belum lagi menghadapi drama Si Kecil yang belum terbiasa menahan lapar dengan durasi yang mungkin cukup lama baginya.

Saat Si Kecil ikut berpuasa, tak jarang Moms juga mengkhawatirkan soal kebutuhan nutrisinya. Pemenuhan kebutuhan nutrisi Si Kecil ini sebenarnya tidak berbeda antara saat berpuasa maupun tidak. Hanya saja Moms perlu menyesuaikan waktu makannya.

Agar nutrisinya tetap terpenuhi selama menjalankan puasa, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pola makan Si Kecil.



1. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur diibaratkan sebagai sarapan selama menjalani puasa. Dengan menjalani sahur, setidaknya Si Kecil sudah memiliki 'bekal' untuk menjalani puasa. Saat sahur, sebaiknya Moms memberikan hidangan yang mudah dicerna Si Kecil atau makanan yang berkuah.

2. Berbuka dengan Makanan yang Manis

Selain memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuhnya setelah menahan haus selama berpuasa, Moms juga bisa memberikan camilan yang manis pada Si Kecil untuk mengganti kadar gula yang rendah. Namun tetap ingat Moms, jangan membiarkan Si Kecil makan makanan manis secara berlebihan, ya!

3. Pilih Makanan Bernutrisi

Sangat penting bagi Moms untuk memberikan makanan bernutrisi bagi Si Kecil selama menjalani puasa. Agar nutrisinya tercukupi, berikan makanan yang mengandung:

Karbohidrat, sebagai sumber energi.

Protein, agar daya tahan tubuhnya lebih optimal.

Zat besi, untuk menjaga Si Kecil dari bahaya anemia.



Kalsium, untuk mendukung pertumbuhan tulang Si Kecil.

Vitamin, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sekaligus sebagai antioksidan yang mencegah paparan radikal bebas.

Mineral, yang berperan dalam proses pembentukan energi.

Selain itu, jangan lupa memberikan makanan yang kaya akan serat untuk mencegah Si Kecil sulit buang air besar selama menjalani puasa.

4. Buat Menu yang Disukai Anak

Melansir laman Healthline, nafsu makan anak dapat meningkat ketika mengonsumsi makanan yang ia suka. Maka selain memperhatikan kandungan nutrisi, Moms bisa menayakan pada Si Kecil makanan apa yang ingin ia makan saat sahur dan berbuka puasa.

5. Penyesuaian Waktu Makan

Melansir Tirto.id, menurut Saptawati Bardosono, ahli gizi dari Universitas Indonesia, saat tidak berpuasa, pemenuhan energi dan nutrisi anak bisa dibagi melalui asupan makanan dan minuman sepanjang hari untuk tiga kali makan utama dan dua atau tiga kali selingan. Sedangkan saat berpuasa, pemenuhan energi dan gizi dapat dibagi melalui dua kali makan utama dan dua kali selingan dengan jadwal yang berbeda dari magrib sampai waktu sahur. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: anak,   balita,   puasa,   pola makan anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020