Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Seru untuk Anak saat Menjalani Puasa Ramadan

Kegiatan Seru untuk Anak saat Menjalani Puasa Ramadan

Mengaji di masjid atau mengikuti pesantren kilat, kegiatan semacam ini mungkin biasa dilakukan buah hati Anda selama bulan Ramadan. Namun dengan adanya pandemi COVID-19, Si Kecil tentunya tidak bisa leluasa mengikuti berbagai kegiatan selama menjalani ibadah puasa tahun ini ya, Moms.

Berpuasa di rumah saja bisa membuat Si Kecil merasa bosan, lho. Bukan tak mungkin, rasa bosan tersebut membuatnya hanya berpikir soal makan dan minum sehingga bisa memicunya untuk membatalkan puasa. Sayang sekali jika hal itu terjadi, ya Moms. Nah agar Si Kecil tidak bosan lagi di rumah selama bulan Ramadan, Moms bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk balita Anda.

1. Mengaji Bersama

Mengaji adalah pelengkap ibadah puasa Anda di bulan Ramadan. Apabila Si Kecil tidak bisa keluar rumah untuk mengaji bersama teman-temannya di masjid atau madrasah, Anda bisa mengajaknya mengaji bersama. Minta ia menghafalkan surat-surat pendek yang sudah dipelajarinya di sekolah atau dari guru mengajinya. Jika memungkinkan, Anda juga bisa tetap meminta guru mengaji Si Kecil untuk membimbingnya melalui fasilitas video call dan sejenisnya.



2. Menceritakan Kisah Nabi

Moms bisa kembali membuka koleksi buku Anda tentang nabi-nabi. Anda bisa membacanya bersama Si Kecil. Atau jika ingin sesi yang satu ini lebih seru, Moms bisa mendongengkan kisah-kisah nabi tersebut kepada buah hati Anda. Selain memperkuat bonding antara ibu dan anak, menceritakan kisah-kisah nabi juga akan menambah pengetahuan Si Kecil tentang sejarah agama Islam dengan cara yang menyenangkan. Anda bisa juga mengganti buku kisah nabi dengan cerita-cerita lainnya yang berhubungan dengan ajaran agama Islam.

3. Bermain Kuis

Banyak cara untuk memperdalam pengetahuan Si Kecil tentang agamanya. Selain dengan mengaji dan menceritakan kisah nabi, Moms juga bisa mengajaknya bermain kuis. Ciptakan suasana yang menyenangkan sambil meminta Si Kecil untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan ibadah puasa maupun agama Islam. Tak ada salahnya jika Moms juga menyediakan hadiah-hadiah kecil seperti sepotong kue kesukaannya untuk dimakan saat berbuka, apabila anak Anda berhasil menjawab kuis dengan sempurna.



4. Memasak Bersama

Memasak bersama juga bisa menjadi kegiatan pengusir rasa bosan selama berpuasa di rumah saja. Mintalah saran dari Si Kecil tentang menu berbuka yang ingin dimakannya. Lalu ajak ia untuk membantu Anda memasak makanan yang diinginkan. Si Kecil tentu akan merasa bangga dan lebih antusias memakan makanan yang disiapkannya sendiri.

5. Tidur Siang

Tidak ada salahnya jika Anda juga memberikan kesempatan bagi Si Kecil untuk beristirahat sejenak. Khususnya jika ia juga sudah merasa penat setelah seharian belajar di rumah. Tidur siang bukan hanya untuk melupakan rasa lapar dan haus, tapi juga memberikan kesempatan bagi tubuh Si Kecil memulihkan diri setelah seharian melakukan berbagai kegiatan. Setelah bangun, anak pasti akan merasa kembali bugar.

6. Olahraga Ringan

Berolahraga selama bulan puasa. Mengapa tidak? Ajak Si Kecil untuk menggerakkan badannya. Tidak perlu melakukan gerakan olahraga yang rumit atau melelahkan. Anda cukup mengajaknya melakukan senam sederhana. Jika memang mampu, Anda bisa memintanya untuk berlari kecil atau melompat melalui halang-rintang yang Anda susun. Olahraga pada bulan Ramadan bisa dilakukan pada sore hari atau menjelang waktu berbuka puasa. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   puasa,   ramadan,   anak puasa,   balita puasa,   pandemi,   covid-19,