Mother&Baby Indonesia
7 Superfood untuk Membuat Balita Anda Tumbuh Cerdas

7 Superfood untuk Membuat Balita Anda Tumbuh Cerdas

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya. Selain tumbuh sehat dan kuat, Moms tentunya ingin melihat Si Kecil menjadi anak yang cerdas.

Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak anak adalah dengan memberinya asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Berikut adalah beberapa superfood yang diyakini mampu membuat balita Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas.

1. Ikan dan Kerang-kerangan

Ikan dan kerang-kerangan merupakan sumber asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega-3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak Si Kecil. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak yang memperoleh asupan asam lemak yang cukup akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.



Perlu diketahui, jenis ikan laut yang mengandung kadar DHA dan EPA yang cukup tinggi antara lain adalah salmon, tuna, sarden, makerel, tenggiri, dan kembung. Sedangkan ikan air tawar yang kaya DHA dan EPA adalah ikan tawes.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tidak hanya mengandung protein dan karbohidrat. Jenis makanan yang satu ini juga kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Zat-zat yang terkandung di dalam kacang itulah yang diyakini punya kemampuan untuk meningkatkan daya ingat serta kesehatan sistem saraf anak.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang punya manfaat luar biasa bagi tumbuh kembang anak adalah kedelai yang bisa ditemukan dalam tempe maupun tahu. Kualitas protein kedelai ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras, jagung, atau terigu, lho!

3. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Kuning telur mengandung lecithin yang memiliki fungsi untuk membantu perkembangan daya ingat. Selain itu, di dalam telur juga terkandung nutrisi penting lain yang berguna bagi kesehatan otak, seperti vitamin A, vitamin B12, riboflavon dan folacin, mineral besi, fosfor, zinc, serta kolin dan DHA. Selain harganya yang relatif tidak terlalu mahal, Moms bisa membuat banyak variasi makanan dengan menggunakan telur agar Si Kecil tidak cepat merasa bosan.



4. Buah Beri

Buah-buahan yang termasuk ke dalam golongan beri, seperti stroberi, bluberi, dan rapsberi mengandung vitamin C serta antioksidan yang disebut sebagai antosianin. Biji buah beri juga mengandung asam lemak omega-3. Satu hal yang perlu diketahui, semakin kuat warna buahnya, maka semakin banyak gizi yang terkandung dalam buah beri.

5. Beras Merah

Di dalam beras merah, terdapat karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan hormon serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi untuk memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang punya peranan penting dalam menjaga kesehatan otak Si Kecil.

6. Daging Sapi dan Ayam

Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan yang kaya zat besi. Zat yang satu ini memiliki peran esensial dalam membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi saat belajar di sekolah. Selain itu, mineral yang ada di dalam daging sapi juga bisa membantu memelihara daya ingat Si Kecil.

Sementara itu, daging ayam juga mengandung protein tinggi seperti protein hewani lainnya. Kelebihannya lainnya, daging ayam mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

7. Susu dan Yoghurt

Protein dan vitamin B yang terdapat dalam susu punya peranan penting dalam pertumbuhan jaringan otak. Selain itu, susu dan yoghurt juga kaya vitamin D dan berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf otot. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   superfood,   makanan untuk balita,   anak cerdas