Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Chia Seed untuk Balita

5 Manfaat Chia Seed untuk Balita

Moms pasti sudah tahu kalau chia seed adalah makanan yang kaya nutrisi dan baik untuk dikonsumsi. Namun, bolehkah chia seed dikonsumsi balita? Jawabannya, tentu saja boleh. Chia seed adalah jenis biji-bijian yang mudah dicerna, sehingga baik untuk melancarkan saluran cerna anak. Apa lagi sih manfaat chia seed untuk balita? Simak penjelasan di bawah ini ya, Moms.

Chia Seed untuk Balita


Chia seed kaya akan asam lemak omega-3, kalsium, protein, fiber, magnesium, dan mangan. Semua kandungan nutrisi itu penting untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil. Chia seed berbeda dengan biji selasih ya, Moms. Chia seed bisa dimakan tanpa direndam, namun akan lebih enak jika direndam terlebih dahulu.



Menurut laman Mom Junction, merendam chia seed dalam air akan mengeluarkan enzyme inhibitors yang melindungi chia seed, sehingga akan lebih mudah dicerna dan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi di dalamnya.

Pemberian chia seed untuk balita sebaiknya hanya sebatas bahan campuran ya, Moms, bukan bahan makanan utama. Pemberiannya pun sebaiknya tidak terlalu banyak dan diberikan bertahap, sehingga jika muncul reaksi alergi, Moms bisa segera mengetahuinya. Agar lebih aman, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Manfaat Chia Seed untuk Anak


1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Melansir Mom Junction, chia seed mengandung lebih banyak kalsium dibanding beberapa produk susu. Selain itu, chia seed juga kaya akan protein, fosfor, magnesium, dan mangan yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meringankan kerja pembuluh arteri jantung.



3. Sumber Protein

Tak hanya daging-dagingan yang kaya protein lho, Moms. Kandungan chia seed bahkan 14 persen lebih tinggi dibanding beberapa jenis tanaman lainnya. Ini bagus untuk dijadikan camilan sore hari, karena membantu memenuhi kebutuhan protein anak, tanpa menambah lemak jahat.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Moms pasti sudah tahu kalau chia seed kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut bagus banget untuk membantu tubuh melawan infeksi dan berbagai penyakit (seperti kanker) yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, radikal bebas juga menurunkan daya tahan tubuh yang membuat Si Kecil cepat sakit. Dengan mengonsumsi chia seed yang kaya antioksidan, radikal bebas pun dibasmi sampai tuntas!

5. Melancarkan Pencernaan

Chia seed yang kaya akan kandungan serat memang sangat bagus untuk menjaga bakteri baik di dalam saluran cerna anak. Ini juga baik untuk menjaga kadar kolesterol dan melancarkan pencernaan anak lho, Moms. Jika saluran cerna anak sehat, maka anak pun ikut sehat, karena 80% daya tahan tubuh berasal dari saluran cerna yang sehat, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: chia seed,   makanan,   nutrisi,   kesehatan,   balita,   anak