Mother&Baby Indonesia
Ini Penyebab Anak Jadi Manja saat Ibu Ada di Rumah

Ini Penyebab Anak Jadi Manja saat Ibu Ada di Rumah

Buat Anda ibu bekerja, hari-hari ini Anda mungkin sedang melakukan work from home, ya. Namun bisa jadi ada sebagian Moms yang merasa repot bekerja di rumah akibat disibukkan dengan tingkah laku anak yang menjadi manja, cenderung banyak tingkah, dan nakal. Kenapa mereka begitu, sih?

Jika Anda pernah mengalami situasi semacam ini, tenang saja. Kondisi ini juga dialami oleh para ibu di seluruh dunia kok, Moms. Sebagian besar ibu mengaku bahwa jika mereka berada di rumah, anak mereka mendadak jadi manja dan banyak tingkah. Padahal, sehari-hari, jika ditinggal Si Kecil baik-baik saja.

Anak Jadi Lebih Bertingkah saat Bersama Ibunya

Anak menjadi manja atau bertingkah ketika ada ibunya sebenarnya merupakan situasi yang wajar. Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak memang secara alami berperilaku berbeda untuk mendapatkan perhatian yang dibutuhkan.



Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ibu melambangkan ‘kebutuhan’ bagi anak, terutama bayi dan balita, dan merelasikan kebutuhan akan makanan dan kelangsungan hidup. Hal inilah yang menyebabkan anak menunjukkan perilaku berlebihan guna memperoleh perhatian dari ibunya saat berada di dekatnya.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Departemen Psikologi University of Washington, AS, terhadap anak-anak dari usia 10 bulan hingga 5 tahun, menunjukkan bahwa anak-anak akan 8 kali lebih menjengkelkan ketika bersama ibunya ketimbang ketika ia bersama orang lain.

Sikap menjengkelkan yang ditunjukkan Si Kecil saat ibunya muncul ketika ia sedang bersama orang lain meliputi merengek, menangis, berteriak, memukul-mukul, tidak mau berjalan, berlarian ke sana kemari, dan masih banyak tingkah konyol lain yang ia lakukan.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa anak kerap lebih patuh pada orang lain ketimbang ibunya sendiri. Dengan metode pendisiplinan yang sama, anak ternyata lebih responsif terhadap instruksi dari orang lain dibandingkan dari ibunya. Umumnya, guna memperoleh respons perilaku yang sama, para ibu harus meninggikan volume suara ketika memberi instruksi pada anak.

Penyebab Anak Jadi Manja dan Bertingkah

Ada beberapa hal yang menyebabkan anak jadi manja dan bertingkah saat Moms ada di rumah, yakni:



1. Ibu merupakan zona ternyaman anak

Tidak perlu gusar jika anak bertingkah mengesalkan saat ada Anda di dekatnya, Moms. Ini memperlihatkan bahwa Anda sebenarnya menjadi zona ternyaman bagi anak. Anda merupakan tempat anak bisa menumpahkan semua emosi.

Jadi, jika Si Kecil sering berlaku manja, menyebalkan, cengeng, itu karena Anda adalah tempat paling nyaman baginya untuk ‘membuat masalah’. Si Kecil tidak bisa melakukan hal yang sama jika bersama orang lain dan lebih memilih bersikap manis atau mandiri karena ada ‘jarak’ yang membuat mereka segan berlaku buruk dan menimbulkan masalah.

2. Anak cenderung manja pada orang yang sering bersamanya

Jika Anda perhatikan Si Kecil selalu rewel saat bersama Anda, itu karena memang ia menganggap Anda adalah sosok yang paling dekat dan sering bersamanya. Dan, Si Kecil memang cenderung manja pada orang yang sering bersamanya.

Dengan orang yang sering bersamanya, Si Kecil merasa bisa menjadi diri sendiri, tidak jaim, dan bisa mengeluarkan emosinya dengan bebas. Bisa dibilang bahwa sikap Si Kecil menjadi tanda besarnya keterikatannya dengan Anda. Jadi, jika Si Kecil juga mungkin bertingkah manja pada ayahnya atau bahkan pengasuhnya, itu bisa diartikan bahwa Si Kecil juga dekat dan sering bersama mereka, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak manja










Cover April 2020