Mother&Baby Indonesia
Camilan Sehat dan Lezat Buatan Sendiri untuk Balita

Camilan Sehat dan Lezat Buatan Sendiri untuk Balita

Semua orang tentu suka ngemil, entah orang dewasa maupun anak-anak. Ragam makanan dengan rasa gurih atau manis akan selalu menjadi favorit dan bahkan dimakan setiap hari. Sayangnya, pilihan camilan yang banyak terdapat biasanya yang kurang sehat, seperti camilan yang tersaji dalam kemasan.

Agar balita Anda tetap bisa makan camilan sehat tapi tak cepat bosan saat memakannya, Moms bisa membuatnya sendiri dengan beragam cara dan bahan yang tentunya sehat juga. Apa saja bentuk camilan yang lezat, sehat, segar, dan pasti Si Kecil sukai? Simak ide camilan sehat dari Very Well Family berikut ini, Moms.

1. Olesan Selai Kacang

Jika Si Kecil tidak alergi dengan kacang-kacangan, Moms bisa menyediakan selai kacang yang dapat dicampur dengan ragam buah segar. Beberapa di antaranya adalah irisan apel, biskuit, atau banana popsicle yang dicelupkan ke dalam selai. Camilan ini akan memiliki rasa yang manis, lezat, dan tentunya menyehatkan.



2. Sandwich Mini


Untuk menyiapkan camilan ringan yang bisa mengenyangkan, Anda dapat membuat sandwich. Isiannya bisa beragam sesuai keinginan, misalnya dengan daging ham yang sudah dimatangkan terlebih dahulu, lalu dilapisi dengan daun salada, diolesi mayonaise, dan ditutup dengan roti di kedua sisinya. Selain itu, isian mentimun dan tomat juga bisa menjadi pilihan, tambahkan lembaran keju yang akan memberikan rasa menyegarkan serta tekstur yang renyah kesukaan Si Kecil.

3. Pizza Buah

Moms bisa menemukan kulit tortilla di toko swalayan, lalu panggang dalam oven atau di atas wajan tanpa minyak. Setelah matang, olesi dengan mayones dan beri topping buah-buahan seperti kiwi, stroberi, raspberi, dan irisan pisang beserta keju di atasnya. Rasa manis dari buah dan crispy dari adonan pizza akan selalu menarik perhatian Si Kecil untuk mencicipinya.



4. Irisan Pisang


Meski bisa dimakan secara utuh, mengiris pisang juga bisa menjadi pilihan camilan untuk Si Kecil. Anda bahkan bisa mengajaknya untuk mengiris pisang bersama, dengan pisau yang lebih kecil dan aman tentunya. Selain untuk dimakan langsung, irisan pisang ini bisa dijadikan bahan menu lain, seperti roti pisang. Anda juga dapat membekukan pisang dan pakai sebagai smoothies untuk sarapan.

5. Sayuran Celup

Ternyata, sayuran tak hanya bisa Moms masak untuk dijadikan sup atau campuran bubur saja. Anda bisa merebus wortel, seledri, brokoli, kacang panjang, atau juga mengiris tomat ceri atau mentimun terlebih dahulu. Lalu, siapkan celupan sebagai saus seperti hummus, saus kacang atau saus keju yang dilelehkan. Penggabungan sayur dan saus celupan ini akan menjadi ide camilan inovatif dan tak akan mudah membuat Si Kecil bosan.

6. Parfait Yoghurt

Anak-anak tentu suka segala sesuatu yang berwarna-warni. Yoghurt dengan rasa plain bisa Moms jadikan sebagai bahan utama dan dimasukkan ke dalam gelas bening. Lalu, berikan topping seperti stroberi, raspberi, bluberi, kismis, dan buah kering lain di atasnya. Lapisi kembali dengan yoghurt stroberi dengan warna merah atau rasa lain, kemudian tutupi bagian atas dengan granola atau sereal gandum yang memiliki tekstur renyah. Sekarang, Si Kecil jadi lebih suka makan camilan sehat dan lezat kan, Moms? (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   camilan,   makanan sehat,   nutrisi










Cover April 2020