Mother&Baby Indonesia
6 Pilihan Finger Food untuk Bayi

6 Pilihan Finger Food untuk Bayi

Pada saat anak Anda berusia 8 bulan, Moms sudah boleh memberikan makanan dengan tekstur yang lebih padat. Karena pada usia ini, Si Kecil sudah siap untuk makan dengan tangannya sendiri, sekaligus dapat melatih kemampuannya untuk menggigit dan mengunyah makanan.

Salah satu makanan yang bisa Anda berikan kepada Si Kecil adalah finger foodFinger food adalah makanan yang mudah dipegang, dikunyah, dan digigit oleh Si Kecil. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Moms jadikan sebagai finger food untuk Si Kecil. Apa saja? Yuk, disimak Moms!

1. Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Jenis buah-buahan yang cocok dijadikan finger food antara lain mangga, alpukat, apel, pisang, pir, dan semangka. Tetapi, pastikan buah-buahan tersebut sudah Anda kupas, potong kecil-kecil dan bersihkan ya, Moms. Hindari buah-buahan yang mengandung biji-bijian, karena dapat membuat Si Kecil tersedak.



2. Sayuran Rebus

Selain buah-buahan, Moms juga bisa menyajikan sayuran rebus sebagai finger food. Anda dapat memberikan sayuran seperti wortel, kentang, brokoli, atau ubi manis. Sebelum menyajikannya, rebus, kukus atau panggang terlebih dahulu sayuran-sayuran tersebut hingga lunak. Lalu, potong kecil-kecil sesuai dengan genggaman tangan Si Kecil. Sebagaimana diketahui, sayuran mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk perkembangan Si Kecil. 

3. Roti dan Biskuit Teething 

Makanan berikutnya yang dapat dijadikan sebagai finger food adalah roti dan biskuit teething. Jenis makanan ini memiliki tekstur yang lunak, sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh bayi.

4. Telur

Seperti diketahui, telur adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin B12 dan B2, kolin, dan folat yang semuanya baik untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil. Sebelum memberikan telur sebagai finger food pada anak Anda, pastikan telur sudah dimasak hingga benar-benar matang. Mengapa? Karena telur setengah matang atau mentah mungkin saja masih mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan bayi keracunan.



5. Keju

Keju mengandung kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang bayi, sehingga makanan ini sangat tepat untuk dijadikan finger food. Pilihlah keju yang memiliki tekstur lembut, tidak berbau, dan tidak lengket.

6. Daging

Daging kaya akan zat besi yang baik untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil. Sebelum disajikan, pastikan daging sudah dimasak hingga matang dan empuk. Lalu suwir daging agar lebih mudah dicerna dan dikonsumsi bayi Anda.

Itulah 6 makanan yang bisa disajikan sebagai finger food. Perlu diperhatikan ya, Moms, sebelum memberikan finger food kepada Si Kecil, Anda perlu memastikan terlebih dahulu makanan tersebut mudah digigit, potongannya pas, dan lembut. Yang pasti, saat anak Anda mengonsumsi finger food, selalu dampingi dengan baik untuk mencegah risiko anak tersedak. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. freepic.diller/Freepik)



Tags: bayi,   makanan bayi,   finger food










Cover Mei-Juni-Juli 2020