Mother&Baby Indonesia
8 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bayi Baru Lahir

8 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bayi Baru Lahir

Saat menjalani masa kehamilan, selain mencari tahu informasi tentang persalinan nanti, mungkin kebanyakan dari Anda juga mencari tahu berbagai informasi mengenai bagaimana mengurus calon bayi Anda.

Tak hanya mencari infromasi secara mandiri, Anda jugabisa jadi akan membahas hal tersebut dengan sesama calon ibu atau ibu yang telah berpengalaman memiliki anak sebelumnya.

Sebenarnya sebagai ibu, tak hanya soal mengurus anak yang perlu Anda ketahui dan kuasai. Hal-hal yang menyangkut diri Si Kecil, baik tentang perkembangan hingga fakta-fakta unik dan menarik mengenai bayi Anda yang baru lahir juga perlu Anda ketahui.



Nah berikut fakta-fakta unik dan menarik seputar bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui, Moms.

1. Feses Pertamanya Tidak Berbau

Feses pertama bayi atau yang disebut mekonium, yang terdiri dari lendir, cairan ketuban, dan apa pun yang ia cerna selama berada di dalam perut ibu ternyata tidak memiliki bau lho, Moms. Hal ini dikarenakan belum adanya bakteri yang terdapat pada kotoran bayi tersebut. Namun setelah Si Kecil mulai menyusu, bakteri akan mulai menjelajah usus Si Kecil. Setelah satu hari atau lebih, kotorannya pun akan berubah warna menjadi hijau, kuning, atau cokelat dan menimbulkan bau.

2. Terkadang Bayi Berhenti Bernapas

Napas Si Kecil kemungkinan akan berhenti selama 5 hingga 10 detik ketika ia tidur. Namun pernapasan Si Kecil yang tidak teratur ini merupakan hal yang normal terjadi. Ketika bayi merasa senang atau setelah menangis, ia dapat mengambil lebih dari 60 napas dalam satu menit.

3. Bisa Merasakan Makanan

Meskipun bayi memiliki jumlah sensor rasa yang sama dengan anak-anak dan orang dewasa, namun lebih banyak area yang mereka cakup termasuk amandel dan bagian belakang tenggorokan. Sehingga bayi yang baru lahir dapat merasakan rasa manis, pahit, dan asam, kecuali rasa asing sampai ia berusia sekitar 5 bulan.



4. Menangis Tanpa Air Mata

Bayi mulai menangis saat usianya mencapai 2-3 minggu, tetapi air mata tidak muncul sampai Si Kecil berusia sekitar satu bulan.

5. Bayi Memiliki Payudara

Ketika pertama kali lahir, anak laki-laki dan perempuan dapat terlihat seperti mereka memiliki payudara kecil. Benjolan seperti payudara kecil tersebut terbentuk karena bayi menyerap estrogen dari ibu, namun ini biasanya akan hilang dalam beberapa minggu.

6. Bayi Suka Menghadap Ke Kanan

Gen menjadi faktor yang mungkin menyebabkan lebih banyaknya jumlah bayi baru lahir yang suka memalingkan kepalanya ke kanan ketika berbaring, sama dengan halnya menggunakan tangan kanan, dan memiliki lesung pipit. Pasalnya, hanya 15% bayi baru lahir yang lebih memilih untuk memalingkan kepalanya ke kiri ketika berbaring telentang.

7. Bayi Laki-Laki bisa Ereksi

Ereksi pada bayi laki-laki sering terjadi sesaat sebelum ia buang air kecil. Belum ada alasan pasti terkait hal ini, namun Moms tidak perlu khawatir atau malu. Tanpa Anda sadari, hal ini mungkin bisa terlihat saat Anda melakukan pemeriksaan ultrasound, sebelum Si Kecil lahir.

8. Takut dengan Dirinya Sendiri

Banyak hal yang bisa membuat bayi baru lahir terkejut, misalnya suara keras, aroma kuat, cahaya terang, gerakan secara tiba-tiba, bahkan tangisannya sendiri. Hal ini dikenal dengan sebutan refleks moro. Refleks moro ini membuat bayi melakukan gerakan dengan memanjangkan lengan dan menekuk kakinya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: newborn,   bayi,   bayi baru lahir,   fakta tentang bayi,   fakta tentang newborn