Mother&Baby Indonesia
Amankah Penggunaan Hand Sanitizer pada Bayi?

Amankah Penggunaan Hand Sanitizer pada Bayi?

Sebagai salah satu cara pencegahan dari kemungkinan terpaparnya virus corona, maka setiap orang dianjurkan untuk membawa hand sanitizer saat bepergian. Fungsinya, tentu untuk menjaga agar tangan tetap bersih, serta membunuh kuman dan bakteri.

Hal tersebut bisa dilakukan karena adanya kandungan alkohol di dalamnya, dengan kadar hingga 60 persen atau lebih. Meski berfungsi untuk membersihkan tangan, tetapi apakah aman jika hand sanitizer dipakaikan kepada bayi?




Risiko Bayi Diberi Hand Sanitizer

Jawabannya, tentu kurang tepat ya,Moms! Sebab, alkohol cenderung membuat kulit menjadi kering. Belum lagi bahan kimia yang menjadi campuran hand sanitizer bisa menimbulkan masalah kulit bayi lainnya, seperti alergi, gatal-gatal, atau bahkan infeksi.

Kandungan alkohol sendiri akan menguap saat dioleskan ke tangan pengguna, dan sebagian lainnya akan terserap melalui kulit dan menembus pembuluh darah. Yang tak kalah berbahaya, bayi juga mungkin menjilat atau mengemut tangan yang telah dipakaikan hand sanitizer, sehingga bahan-bahan berbahaya tadi masuk ke mulutnya.

Risiko lainnya, bayi kemungkinan bisa mengalami gangguan pernapasan, seperti asma. Kondisi ini dipicu oleh adanya aroma menyengat, yang dimaksudkan untuk menutupi aroma alkohol. Apabila wewangian ini terhirup Si Kecil, maka kemungkinan risiko asma juga akan meningkat.


Tepat Menjaga Bayi Sehat


Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 atau virus corona, bayi masih mungkin diberikan hand sanitizer khusus untuk anak-anak, dengan kandungan alkohol yang juga lebih sedikit. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar Si Kecil tetap bersih dan sehat, yaitu:



• Pemberian ASI yang tetap dilakukan secara optimal untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil.

• Jika anak Anda sudah mengonsumsi MPASI, pilih makanan yang tepat dengan gizi seimbang serta proses menyusui yang tetap dilakukan.

• Ajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan bermain, meski di dalam rumah saja.

• Pastikan Moms selalu mencuci tangan dengan cara yang tepat di bawah air mengalir, sebelum beinteraksi dengan Si Kecil atau menyusuinya.

• Usahakan untuk tidak keluar rumah, sesuai dengan imbauan pemerintah agar terhindar dari paparan virus.

• Apabila Moms sedang batuk atau pilek, pakailah masker agar tak menular pada bayi.

• Jauhkan bayi dari orang yang sedang sakit, agar tak terkena benda yang sudah terkontaminasi virus. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   hand sanitizer










Cover April 2020