Mother&Baby Indonesia
Bahaya Tidak Cuci Tangan saat Pegang Bayi Baru Lahir

Bahaya Tidak Cuci Tangan saat Pegang Bayi Baru Lahir

Punya bayi baru memang membahagiakan ya, Moms. Meskipun begitu, merawat bayi yang baru lahir bukan pekerjaan mudah, bahkan bisa jadi tantangan tersendiri untuk sebagian besar orang tua. Bukan apa-apa, bayi baru lahir masih sangat sensitif. Daya tahan tubuhnya pun belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit.

Karena itu, Moms juga perlu memperhatikan kebersihan tubuh Anda saat mengurus dan merawat bayi. Contoh paling sederhana, selalu cuci tangan Anda dengan bersih sebelum menyentuh Si Kecil ya, Moms. Ini bahayanya buat bayi jika Anda tidak mencuci tangan saat memegang bayi baru lahir.




1. Mengalami Masalah Pencernaan

Sistem imunitas tubuh bayi memang belum berkembang dengan sempurna. Karena itu, Si Kecil akan mudah terserang virus atau bakteri. Jika Moms tidak mencuci tangan terlebih dulu sebelum memegang bayi, maka Anda berpotensi menularkan virus dan bakteri pada Si Kecil lewat tangan Anda.

Seperti kita tahu, tangan merupakan organ tubuh yang banyak terpapar virus dan bakteri, karena tangan digunakan dalam banyak aktivitas. Jika sehabis memegang ponsel lalu Anda memegang bayi tanpa mencuci tangan, maka kuman yang ada di ponsel akan berpindah ke tubuh bayi dan bukan tidak mungkin masuk ke perut Si Kecil dan mengakibatkan masalah pada pencernaannya.

Kuman tersebut akan menyebabkan Si Kecil terserang diare, keram perut, bahkan demam tinggi 5-7 hari setelah terinfeksi. Jadi, hati-hati dalam memegang dan merawat bayi Anda ya, Moms.


2. Terkena Infeksi Mata

Infeksi mata ringan adalah masalah yang umum dialami oleh bayi. Kotoran di sudut mata atau biasa disebut dengan belekan sering dialami bayi di minggu-minggu pertama usianya. Sebenarnya, belekan merupakan kondisi normal yang kerap dialami bayi baru lahir.

Salah satu penyebab kondisi ini adalah infeksi bakteri atau virus. Selain belekan, infeksi ini bisa mengakibatkan mata Si Kecil menjadi bengkak dan kemerahan. Hal ini bisa disebabkan tangan Moms yang tidak bersih saat menyentuh wajah bayi. Untuk mencegah timbulnya infeksi, Moms bisa membersihkan mata bayi dua kali sehari dalam sehari. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan Anda dengan bersih sebelum mulai membersihkan mata Si Kecil.




3. Menderita Gangguan Pernapasan

Bukan hanya Moms yang perlu mencuci tangan sebelum memegang Si Kecil. Yang lain pun juga harus melakukan hal yang sama, misalnya suami Anda, kakak Si Kecil, kakek dan neneknya, babysitter-nya, atau kerabat maupun kawan Anda yang sekadar berkunjung ke rumah.

Sebuah kisah yang terjadi di Amerika Serikat menunjukkan pentingnya cuci tangan sebelum memegang bayi. Seorang bayi di Memphis, AS, terserang Respiratory Syncytial Virus (RSV) setelah digendong ayahnya. Setelah diusut, ternyata sang ayah tidak mencuci tangan dengan benar terlebih dulu sebelum menggendong bayinya. RSV sendiri, seperti dikutip dari The Sun, adalah virus yang menyerang sistem pernapasan bayi di bawah usia dua tahun. Bila dibiarkan, virus ini dapat menyebabkan bronkiolitis ataupun gagal bernapas. RSV bahkan tak jarang bisa menyebabkan radang otak atau meningitis.


4. Sistem Tubuhnya Tidak Berfungsi dengan Baik

Bayangkan jika bayi terserang virus atau bakteri mematikan hanya karena sang ibu malas mencuci tangannya dengan benar. Ironis sekali, bukan? Hal ini dapat berisiko pada gangguan sistem tubuh Si Kecil. Ya, bisa saja sistem tubuh bayi tidak akan bekerja dan berkembang dengan baik akibat infeksi dari virus dan bakteri yang menyerangnya. Hal ini bahkan bisa berisiko pada kematian Si Kecil, lho!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Nepal, risiko kematian bayi baru lahir menurun sebanyak 19 persen di negara tersebut. Hal ini disebabkan tenaga medis yang menolong persalinan mempraktikkan cuci tangan dengan benar sebelumnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   cuci tangan,   kesehatan








Cover Maret 2020