Mother&Baby Indonesia
Ketombe pada bayi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketombe pada bayi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketombe yang normalnya dialami oleh orang dewasa ternyata juga bisa menyerang bayi lho, Moms. Dalam dunia medis, hal ini dikenal dengan istilah cradle cap atau dermatitis seboroik (infantile seborrheic dermatitis). 

Cirinya, kulit kepala bayi tampak kering, bersisik, dan terlihat seperti ketombe. Sedangkan penyebabnya, adanya peradangan pada kulit bayi. Selain itu, kelenjar yang terlalu aktif pada kulit kepala bayi Anda dapat menyebabkan munculnya cradle cap.

Kondisi ini terjadi karena kelenjar sebaceous yang berlebihan di kulit kepala beberapa bayi. Hal ini membuat kelenjar memproduksi minyak licin yang membuat sel-sel kulit tua di atas kepala bayi (dan kulit di sekitarnya) terperangkap.



Walaupun begitu, kondisi kepala bayi seperti berketombe ini terbilang normal pada bayi baru lahir dan tidak membahayakan. Pada umumnya, cradle cap akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 6-12 bulan, seperti dilansir dari Babycenter.com.

Jika cradle cap tampak tidak mengganggu bayi, biarkan saja. Namun, cradle cap bisa bertambah parah saat kulit kepala bayi berkeringat. Untuk itu, menjaga kulit kepala Si Kecil agar selalu kering bisa menjadi solusi. Gunakan topi saat benar-benar diperlukan.

Namun jika gatal menyebar hingga ke bagian lain, ada baiknya Anda membawa Si Kecil ke dokter. Untuk kasus cradle cap yang parah, dokter biasanya merekomendasikan sampo bayi yang mengandung selenium atau asam salisilat. Karena biasanya jenis sampo ini bukan no tears formula, berhati-hatilah selama memandikan Si Kecil.


Tips Perawatan Rumah untuk Mengatasi Ketombe Bayi

Tetapi, jika cradle cap tetap mengganggu Anda, ada beberapa home treatment yang dapat dilakukan untuk mempercepat hilangnya 'sisik-sisik' tersebut, yakni:



1. Keramas Setiap Hari

Setelah mencuci rambutnya, pastikan seluruh sampo sudah hilang dari tubuh Si Kecil. Lanjutkan dengan menyisir rambut Si Kecil secara perlahan dengan sikat lembut atau menggunakan handuk.

2. Gunakan Minyak Alami

Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membantu menghilangkan plak atau sisik tersebut. Jangan lupa, gunakan minyak yang khusus untuk kulit kepala dan badan, bukan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memasak.

Caranya, oleskan minyak pada kulit kepala Si Kecil dan diamkan selama 15 menit. Sikat menggunakan sikat atau sisir yang lembut untuk menghilangkan sisiknya. Terakhir, bilas dengan sampo khusus bayi. 

Nah, selamat mencoba ya Moms, semoga ketombe itu lenyap dari kepala buah hati Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   ketombe,   cradle cap,   kulit bayi








Cover Maret 2020