Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Termometer untuk Anak dan Anggota Keluarga

Rekomendasi Termometer untuk Anak dan Anggota Keluarga

Wabah virus corona masih menjadi perhatian utama dunia. Terlebih di Indonesia, keberadaan virus ini semakin santer setelah pemerintah secara resmi mengumumkan adanya dua kasus virus corona baru (COVID-19). Untuk mengantisipasi ancaman virus ini, kita memang harus mempersiapkan diri dengan selalu menjaga kesehatan, kebersihan tangan, serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Salah satu gejala umum dari serangan COVID-19 adalah demam, karena itu penting bagi kita untuk selalu memperhatikan suhu tubuh. Jika diketahui suhu badan terasa panas atau demam, segera cek menggunakan termometer.

Keberadaan termometer memang penting, terutama buat Anda para Moms yang memiliki bayi atau balita, termometer merupakan benda yang wajib ada di rumah. Alat ini digunakan untuk mendeteksi jika ada anggota keluarga Anda yang mengalami demam, sehingga bisa langsung mendapatkan penanganan.




Jenis-Jenis Termometer Digital

Saat ini, jenis termometer yang banyak digunakan adalah termometer digital. Termometer jenis ini memiliki beberapa variasi model berdasarkan cara penggunaannya, yaitu:

1. Melalui Telinga (tympanic thermometer)

Termometer ini digunakan dengan cara memasukkan ujung termometer yang berukuran kecil ke dalam telinga Si Kecil. Sebelum menggunakannya, tarik dengan lembut daun telinga Si Kecil ke belakang untuk memudahkan Anda mengarahkan termometer masuk ke telinganya. Lalu masukkan dengan hati-hati termometer ke dalam saluran telinga Si Kecil. Baca hasilnya setelah bunyi "bip".

2. Melalui Kening (temporal artery thermometer)

Termometer jenis ini sangat mudah digunakan. Anda hanya harus menempelkan strip termometer ke kening Si Kecil. Sebelum pemakaian, pastikan wajah Si Kecil tidak sedang dalam keadaan basah agar hasil pengukuran akurat. Lepas lapisan penutup strip, lalu tempelkan strip ke dahi Si Kecil. Tunggu hingga 15 detik hingga terjadi perubahan warna pada salah satu jenis temperatur. Bersihkan strip termometer dengan cara mengelapnya sebelum menggunakannya kembali.

3. Melalui Ketiak (axillary thermometer)

Pengukuran melalui ketiak biasanya lebih akurat daripada pengukuran melalui telinga. Sebelum menggunakannya, lepaskan dulu baju Si Kecil sehingga tidak ada penghalang antara termometer dengan kulit bayi. Pastikan juga ketiak Si Kecil dalam keadaan kering. Lalu letakkan ujung termometer pada ketiak Si Kecil, dan tekan atau rapatkan lengannya dengan lembut. Tunggu sekitar 20 detik hingga muncul angka yang menunjukkan temperatur tubuh Si Kecil pada layar termometer.


Rekomendasi Termometer untuk Anak dan Anggota Keluarga

Berikut rekomendasi termometer untuk Anda gunakan buat Anda dan keluarga, Moms.

1. Omron Forehead Thermometer MC-720

Termometer inframerah ini bisa menyimpan hingga 25 data suhu tubuh, jadi Moms dapat memantau suhu tubuh Si Kecil apakah makin tinggi atau malah turun. Dengan bentuk yang mudah digenggam, cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup tembakkan tanpa perlu menyentuh pada bagian dahi Si Kecil. Hanya butuh waktu 1 detik, suhu tubuh akan muncul di layar.




2. Chicco Comfort Quick Infrared Ear Thermometer

Dengan bentuk yang mudah digenggam dan memiliki ujung yang tumpul dan lembut, termometer ini tidak akan membuat Moms khawatir telinga anak tercolok atau terluka saat Anda menempelkannya ke telinga Si Kecil. Termometer ini bekerja dengan waktu hanya 1 detik, namun hasilnya akurat. Bisa menyimpan 25 data pengukuran terakhir, jadi Anda bisa memantau suhu tubuh anak saat demam.


3. Beurer FT65 6 in 1 Thermometer

Termometer buatan Jerman ini tidak perlu diragukan lagi kecanggihannya, mulai dari hasil pengukuran suhu yang hanya butuh 1 detik, akurat, dapat menyimpan hingga 10 hasil pengukuran suhu terakhir, dan otomatis mode off jika sudah tidak digunakan. Hasil pengukuran juga bisa tampil dalam Celcius maupun Fahrenheit. Selain itu perawatannya mudah, cukup dibersihkan dengan menggunakan cotton bud.


4. Little Giant 3 in 1 Infrared Ear Thermometer

Termometer ini cocok untuk Anda yang sangat mementingkan sterilitas dan higienitas pada anak, karena ujungnya yang didekatkan ke telinga dapat diganti sehingga bisa tetap terjaga kebersihannya. Termometer ini juga memiliki alarm demam yang akan memberikan peringatan mengenai suhu tubuh Si Kecil.


5. Braun Thermoscan 7

Termometer ini memiliki teknologi dalam membaca perbedaan suhu serta usia pengguna. Proses pengukuran suhu tubuh hanya butuh waktu 3 detik dan alat ini akan menampilkan warna pada layar tergantung suhu dan usia yang diukur suhunya. Produk ini juga mudah perawatannya, cukup dilap dan dibersihkan dengan cotton bud.


(M&B/SW/Dok. Freepik, Bukalapak)



Tags: termometer,   demam,   suhu,   anak,   bayi,   balita










Cover Mei-Juni-Juli 2020