Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Grup Pementasan Boneka Untuk Hibur Si Kecil

Rekomendasi Grup Pementasan Boneka Untuk Hibur Si Kecil

Saat liburan datang, Moms dan Dads mungkin sudah merencanakan liburan seru untuk mengisi waktu Si Kecil. Mungkin sebagian besar adalah lokasi wisata atau pusat perbelanjaan. Namun, ada pilihan lain yang tak kalah menyenangkan, yaitu menonton pementasan boneka, dan ini perlu Anda masukkan ke daftar liburannya.

Sebenarnya, ada banyak pendongeng yang menggunakan boneka sebagai sarana bercerita. Beberapa grup seperti berikut ini, khusus menampilkan cerita sederhana menggunakan boneka yang bisa memberikan kesan tersendiri bagi penontonnya.




1. Papermoon Puppet

Kelompok ini berasal dari Yogyakarta dan sudah berkarya sejak 2006. Papermoon Puppet bisa dikatakan sebagai pelopor kembalinya pementasan boneka tanpa narasi yang semakin berkembang di Indonesia. Tapi, namanya sendiri sudah cukup terkenal di luar negeri berkat pementasan mereka yang sudah digelar di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Thailand, dan beberapa negara di Eropa.


2. Flying Balloon Puppet

Grup lain yang juga menghasilkan pementasan boneka apik adalah Flying Ballon Puppet, yang diprakarsai oleh pemuda bernama Rangga Dwi Appriadinnur. Rangga sendiri lebih memfokuskan cerita pada kepedulian manusia akan alam. Si Kecil bisa melihat gambaran alam Indonesia tercinta melalui kelompok pementasan boneka yang juga berasal dari Yogyakarta ini.




3. Ayo Dongeng Indonesia

Komunitas sosial berikut ini sudah ada sejak 2011, yang berfokus pada kegiatan mendongeng bagi anak-anak di Indonesia. Tujuannya, tentu untuk memberikan keceriaan, inspirasi, motivasi dan pengembangan imajinasi bagi mereka. Tak hanya dapat menghibur Si Kecil, komunitas Ayo Dongeng Indonesia juga memanfaatkan mendongeng untuk trauma healing, terutama anak-anak korban bencana alam.


4. Wayang Bocor

Meski bukan berbentuk boneka seperti yang lain, wayang juga bisa menjadi saran bercerita bagi anak-anak. Wayang Bocor menjadi salah satu kelompok yang menyampaikan kisah dengan sarana wayang kontemporer dalam bayangan dengan menggunakan kelir dan sorot lampu. Si Kecil pun akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menonton pertunjukan ini lho, Moms.


Selain kelompok-kelompok di atas, ada juga acara festival yang menjadi sarana untuk grup pementasan boneka dalam maupun luar negeri yang diselenggarakan di Indonesia. Salah satunya adalah Pesta Boneka yang akan diadakan pada Oktober 2020. Jadi, pastikan Anda memasukkan festival ini ke dalam daftar kunjungan saat liburan ya, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hiburan,   anak,   balita,   pementasan boneka