Mother&Baby Indonesia
Area Baru di KidZania Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan

Area Baru di KidZania Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan

Kesadaran Si Kecil untuk peduli terhadap lingkungan sudah bisa Moms bangun sejak dini. Bila kata-kata dikhawatirkan terlalu rumit dimengerti Si Kecil, agar ia tahu bagaimana caranya peduli terhadap lingkungan, maka Moms memiliki opsi lain, mengajaknya mengunjungi area edukasi baru “Sampahku, Tanggung Jawabku” di dalam AQUA Water Research Training Center di KidZania yang bekerja sama dengan Danone-AQUA.


Area yang resmi dibuka pada 14 Maret 2020 lalu ini memfasilitasi proses belajar Si Kecil untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara yang menyenangkan. AQUA Water Research Training Center ini terdiri dari tiga zona interaktif PIJAR, PILIH-JAGA-RAWAT. Masing-masing zona akan memberikan edukasi dan aktivitas berbeda pada Si Kecil yang mengunjunginya.



Zona PILIH memperkenalkan proses pemilihan sumber air yang mengandung mineral berkualitas dan baik bagi tubuh.


Zona JAGA memperkenalkan cara menjaga kemurnian air mineral dari sumber air yang terlindungi hingga ke tangan konsumen.


• Zona RAWAT mengajarkan pentingnya merawat lingkungan di sekitar sumber air, kerena hanya sumber air yang terawat dengan baiklah yang dapat menghasilkan air minum berkualitas.


Dari ketiga zona tersebut, zona RAWAT menjadi area edukasi “Sampahku, Tanggung Jawabku”, yang mengajarkan pentingnya merawat lingkungan yang lebih luas lagi. Menurut Brand Director Danone-AQUA, Intan Ayu Kartika, zona ini dapat mengajarkan Si Kecil untuk belajar 3R (Reduce, Reuse, Recycle).



Si Kecil akan belajar proses Recycle yang dipermudah dengan cara memilah dan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu Danone-AQUA juga menampilkan kehidupan kedua dari plastik yang telah didaur ulang.

“Diantaranya, botol AQUA yang hingga 25 persen botolnya terbuat plastik daur ulang, dan AQUA LIFE yang 100 persen terbuat dari bahan daur ulang serta dapat didaur ulang, dakron untuk isian boneka dan bantal, serta benang poliester yang bisa digunakan dalam pembuatan pakaian,” ujar Intan.

Dengan adanya edukasi tersebut, Intan berharap anak-anak semakin memahami bahwa sampah botol plastik bisa memiliki kehidupan kedua atau bahkan lebih jika dikelola dengan benar.

Materi “Sampahku, Tanggung Jawabku” yang ada di Zona RAWAT ini juga merupakan salah satu wujud nyata pilar Edukasi dari gerakan #BijakBerplastik yang diinisiasi Danone-AQUA. Selain pilar Edukasi, gerakan ini juga bertumpu pada pilar Pengumpulan (ambisi untuk mengumpulkan lebih banyak daripada yang digunakan), serta pilar Inovasi (mendorong inovasi kemasan yang lebih ramah lingkungan serta mendorong terbentuknya ekonomi sirkular dan berkelanjutan).

Presiden Direktur PT Aryan Indonesia (KidZania Indonesia), Kerry Riza, menyambut kehadiran area baru di AQUA Water Research Training Center dan mendukung inisiatif Danone-AQUA dalam berinovasi menyebarkan kebaikan.

"Kami mengapresiasi inisiatif Danone-AQUA untuk memperbarui dan memperkaya materi pembelajaran dalam AQUA Water Research Training Center di KidZania. Semoga materi baru ini dapat menginspirasi dan membangun antusiasme anak-anak dalam menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga tempat tinggal kita bersama,” terang Kerry.

Nah, Moms, tunggu apalagi? Segera ajak Si Kecil untuk mengunjungi AQUA Water Research Training Center di KidZania, ya! (Vonda Nabilla/SW/Dok. Danone-AQUA,KidZania)



Tags: anak,   balita,   peduli lingkungan,   wahana edukasi,   aqua water research training center,   kidzania