Mother&Baby Indonesia
6 Kebiasaan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

6 Kebiasaan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ada beberapa kebiasaan, baik itu disadari atau tidak, yang dapat berdampak buruk untuk kesehatan dan keselamatan janin Anda. Kondisi kesehatan fisik dan mental Anda akan menentukan kesehatan janin. Oleh karena itu, ada beberapa kebiasaan saat hamil yang harus Moms hindari, seperti telah dirangkum oleh M&B berikut ini, Moms.


1. Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Selama hamil, hindari untuk duduk atau berdiri terlalu lama ya Moms, karena dapat berisiko mengganggu tumbuh kembang janin Anda. Ketika terlalu lama berdiri saat hamil, ini membuat aliran darah menuju rahim menjadi terganggu. Sementara saat duduk, Moms akan menekan pinggul bagian bawah. Hal ini dapat menghambat peredaran darah, di mana volume darah meningkat sebesar 50 persen saat hamil. Aliran darah pun akan menggumpal pada bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya kaki dan panggul. Semakin banyak darah yang menggumpal, Anda akan berisiko terkena penyakit trombosis vena dalam (DVT) dan emboli paru, yang akan berakibat sangat fatal, bukan hanya untuk ibu tetapi juga janin.




2. Memakai Sepatu Berhak Tinggi

Kebiasan lain yang tanpa disadari dilakukan oleh ibu hamil yaitu memakai sepatu berhak tinggi. Memakai sepatu hak tinggi dapat membuat Anda berisiko jatuh dan membahayakan keselamatan janin. Selain itu, memakai sepatu hak tinggi juga dapat membuat Anda sakit pada bagian punggung karena adanya perubahan postur tubuh dan sakit pada pergelangan kaki yang bengkak. Ada baiknya jika Moms menggunakan sepatu datar tanpa hak dan memiliki sol yang lunak.


3. Bekerja Terlalu Keras

Tetap aktif saat hamil memang tidak ada salahnya kok Moms, tetapi bukan berarti Anda harus bekerja terlalu keras. Jika dipaksakan, hal ini justru bisa mengganggu kondisi kesehatan Anda seperti kelelahan, stres, dan dehidrasi. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyeimbangkan diri dengan memperoleh istirahat yang cukup dan jangan memaksakan diri bekerja terlalu keras jika memang dirasakan tubuh sudah sangat lelah.




4. Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula

Asupan gula saat hamil adalah salah satu kebiasaan yang harus Moms hindari saat hamil. Konsumsi gula yang berlebihan saat hamil bisa mengakibatkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Selain itu, mengonsumsi gula terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar glukosa dan insulin, sehingga akan berdampak buruk pada perkembangan janin dan proses kelahiran kelak.


5. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan Anda, tetapi hindari untuk berolahraga terlalu berat dan berlebihan ya Moms. Pilihlah jenis olahraga yang memang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda seperti berenang atau berjalan sehat. Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan, hal tersebut justru bisa membuat jaringan otot tubuh menjadi tegang, sehingga membuat tubuh terasa sakit bahkan dapat mengganggu proses persalinan nanti. Jika Anda ingin berolahraga, tidak ada salahnya untuk mencari informasi dan meminta persetujuan dokter terlebih dahulu.


6. Memakai Pakaian yang Ketat

Tahukah Anda bahwa kebiasaan memakai pakaian ketat saat hamil dapat mengganggu kesehatan Anda? Saat hamil, sistem peredaran darah tubuh akan lebih terbebani dengan adanya berbagai perubahan. Dengan memakai pakaian yang ketat, hal ini justru akan semakin memperparah kondisi Anda. Selama hamil, pembuluh darah akan membesar sebagai persiapan untuk peningkatan volume darah yang berkembang untuk janin. Memakai pakaian yang ketat dapat mengganggu sirkulasi darah dan membuat beberapa bagian tubuh terasa kebas.

Itulah enam kebiasaan saat hamil yang harus Moms hindari, demi kesehatan dan keselamatan Anda dan janin. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Yanalya/Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   kebiasaan ibu hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020