Mother&Baby Indonesia
Waspadai Tanda-Tanda Ibu Hamil Alami Kekurangan Gizi!

Waspadai Tanda-Tanda Ibu Hamil Alami Kekurangan Gizi!

Pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil sudah pasti harus dilakukan, bahkan sejak awal masa kehamilan. Hal tersebut tentunya akan membantu menjaga kesehatan tubuh bumil, sekaligus memaksimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Sayangnya, meski Moms merasa sudah mengonsumsi makanan sehat, kekurangan gizi tetap bisa terjadi. Alasannya, bisa karena porsi yang masih kurang atau pemilihan asupan yang keliru. Alhasil, Anda dapat berisiko mengalami hipertensi, persalinan prematur, dan bahkan menyebabkan kematian.

Tak hanya itu, kondisi janin juga bisa terpengaruh, di mana ia bisa lahir dengan berat badan yang kurang dari seharusnya. Bayi juga berisiko mengalami cacat lahir, masalah pada kekebalan tubuh, hingga kematian. Maka dari itu, Moms perlu mengetahui tanda-tanda kekurangan gizi saat hamil. Berikut di antaranya:




Berat Badan Tidak Bertambah

Sangat wajar jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan, yang normalnya 14 kilogram. Namun, apabila bumil kekurangan gizi, maka berat badannya bisa saja tidak bertambah. Bumil juga jadi mudah lelah serta pusing. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa berisiko pada janin yang mengalami malnutrisi dan lahir dengan berat badan rendah.


Gigi Tanggal

Bumil yang kekurangan gizi juga bisa mengalami masalah di bagian mulut dan gigi. Apabila Anda kekurangan kalsium, maka Anda akan berisiko mengalami gusi berdarah, sakit gigi, hingga gigi yang tanggal atau copot. Bibir juga menjadi kering dan mudah pecah-pecah.


Gampang Sakit




Kebutuhan gizi yang kurang pada saat kehamilan bisa membuat Moms menjadi rentan terserang penyakit. Sebab, kondisi daya tahan tubuh akan menurun, sehingga membuat bakteri dan virus mudah masuk. Apabila pemenuhan gizi tidak segera diperbaiki, maka hal tersebut bisa mengganggu perkembangan janin.


Anemia

Kondisi anemia ditandai dengan gejala seperti pusing dan mudah lelah. Moms mungkin mengalaminya karena kekurangan gizi, terutama zat besi dan asam folat. Karena itu, Moms perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kedua hal tersebut, yang tentunya juga sudah disesuaikan dengan kondisi kehamilan Anda.


Kondisi Tidak Umum

Kekurangan gizi yang dialami bumil bisa menimbulkan beberapa kondisi yang menganggu dan membuat tidak nyaman. Kemungkinan Anda mengalami kurang nafsu makan dan minum, mudah tersinggung, kurang bisa fokus, hingga kesulitan bernapas, dan rambut yang menjadi kering serta mudah rontok. Selain itu, gairah untuk berhubungan seks juga menurun.


Masalah pada Janin

Apabila Moms mengalami tanda-tanda di atas, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Jalani pemeriksaan USG (ultrasonografi) untuk mengetahui kondisi janin, agar bisa segera dideteksi jika terjadi hambatan pada perkembangan organ tubuh serta otaknya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   nutrisi,   gizi,   kesehatan