Mother&Baby Indonesia
Trik Memenuhi Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegan

Trik Memenuhi Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegan

Menjalani pola hidup vegan kini sudah menjadi pilihan bagi banyak orang dan pola hidup tersebut juga semakin populer belakangan ini. Vegan sendiri merupakan istilah bagi orang yang memilih untuk tidak mengonsumsi daging maupun produk lain yang berasal dari hewan, seperti telur, keju, dan susu.

Berdasarkan hal tersebut, sepertinya akan sulit bagi ibu hamil yang vegan untuk bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan guna menjaga kesehatan serta pertumbuhan janin dalam kandungan, ya. Tapi tenang Moms, karena ada trik yang bisa dipakai untuk tetap memenuhi nutrisi bagi bumil vegan.




1. Protein

Kandungan protein yang penting untuk pembentukan sel otak janin dan meningkatkan daya tahan tubuh selama Anda hamil bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Jika bosan, ubah dengan jenis serelia, seperti berah merah atau jagung. Untuk lauk-pauk, tampe dan tahu bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mengonsumsi quinoa yang memiliki semua asam amino esensial dan bisa jadi protein yang lengkap bagi vegan. Makanan ini sebanding dengan daging dan kedelai.


2. Zat Besi

Jika umumnya zat besi bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging merah, Moms bisa menggantinya dengan bayam dan kentang. Agar penyerapan zat besi lebih maksimal untuk mencegah bumil mengalami anemia, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan dengan vitamin C tinggi, seperti tomat atau jeruk, ya.


3. Kalsium

Kandungan kalsium berfungsi untuk membentuk otot, sistem saraf tubuh, serta tulang dan gigi janin. Mineral ini bisa Moms dapatkan dari rumput laut, sayuran hijau, serta susu kedelai, yang cocok untuk para vegan.


4. Asam Folat

Nutrisi lain yang juga penting bagi ibu hamil adalam asam folat, yang berfungsi membentuk otak dan sel baru, serta mencegah anemia. Moms yang vegan bisa mendapatkan dengan mengonsumsi susu kedelai, bayam, asparagus, serta buah-buahan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen penambah asam folat.




5. Vitamin B6 dan B12

Kandungan vitamin, seperti vitamin B6 dan B12 juga sangat penting untuk dipenuhi. Keduanya berfungsi untuk pembentukan fungsi sel-sel tubuh janin. Bagi bumil vegan, makanan yang bisa memenuhi kedua vitamin ini adalah olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan oncom, serta aneka serelia. Anda juga bisa menambahkan suplemen khusus dengan kandungan vitamin B12.


Dampak pada Bumil


Menjadi ibu dengan pola hidup vegan selama hamil memang membutuhkan trik. Hal ini diperlukan untuk bisa tetap memenuhi nutrisi agar bumil tetap berenergi dan bisa menjalani aktivitas dengan baik, serta janin yang berkembang dengan optimal.

Bagi bumil vegan, Anda tentu dapat merasakan dampak positif, seperti terhindar dari obesitas, hipertensi, konstipasi, diabetes gestasional, serta risiko batu empedu. Yang terpenting, semua nutrisi penting yang disebutkan di atas harus terpenuhi dengan sempurna.

Apabila hal ini tidak diperhatikan, maka dampak negatif juga bisa menghantui bumil dan janin. Tak hanya berisiko janin mengalami cacat tabung saraf, tapi juga meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, serta permasalahan tumbuh kembang lainnya. Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, Moms juga perlu teratur berkonsultasi dengan dokter kandungan, ya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   vegan,   nutrisi








Cover Maret 2020