Mother&Baby Indonesia
6 Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

6 Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, sangat wajar jika Anda memiliki nafsu makan yang tinggi. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi yang Anda konsumsi akan diteruskan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi saat hamil ya, Moms. Anda dianjurkan untuk makan teratur tiga kali sehari dan diselingi dengan camilan. Perlu diingat, makanan atau camilan yang Anda konsumsi harus selalu sehat dan bergizi. Berikut ini beberapa camilan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih, Moms.


1. Smoothie Buah Dan Yoghurt

Smoothie buah dan yoghurt adalah salah satu minuman yang menyehatkan, terutama untuk ibu hamil. Anda dapat membuat sendiri smoothie di rumah menggunakan buah pilihan dan yoghurt rendah lemak atau yoghurt plain tanpa lemak untuk menambah rasa creamy. Buah-buahan sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk ibu hamil. Sementara yoghurt mengandung probiotik, yakni bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan sistem kekebalan tubuh.




2. Telur Rebus

Telur mengandung banyak vitamin dan mineral serta protein dan lemak baik. Telur kaya akan kolin yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin. Asupan kolin yang rendah selama masa kehamilan dapat menyebabkan penurunan fungsi otak pada janin dan meningkatkan risiko cacat tabung saraf. Satu butir telur utuh mengandung 113 mg kolin, yakni sekitar 25 persen dari yang disarankan untuk ibu hamil, yaitu 450 mg.


3. Ubi

Ubi mengandung vitamin A, termasuk ubi merah, ubi putih, ubi ungu, dan ubi kuning. Vitamin A berperan penting untuk pertumbuhan sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh janin. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi satu butir ubi berukuran sedang per hari. Sebagai tips, Anda bisa mengolah ubi dengan cara dipanggang atau direbus.




4. Salad Buah Dengan Yoghurt

Buah dan sayuran kaya akan antioksidan dan vitamin penting lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu pilihan camilan sehat yang baik untuk ibu hamil. Sajikan semangkuk buah berisikan mangga, pir, apel, pisang, delima, dan alpukat dicampur dengan yoghurt plain. Selain sehat, kombinasi ini juga sangat enak. Alpukat kaya akan lemak baik, magnesium, vitamin C, vitamin E, dan serat. Vitamin C yang ditemukan dalam buah segar berperan penting untuk perkembangan plasenta. Sementara yoghurt merupakan sumber kalsium dan mengandung bakteri baik yang dapat membantu penyerapan nutrisi, meningkatan sistem kekebalan tubuh, dan melancarkan pencernaan.


5. Pisang

Pisang dapat menjadi pilihan camilan sehat untuk Anda konsumsi, Moms. Pisang merupakan sumber kalium dan mengandung karbohidrat, serat, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kram pada kaki dan pembengkakan serta membantu mencegah anemia.


6. Pepaya Matang

Pepaya matang merupakan sumber vitamin C, serat, kalium, dan asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Pepaya juga dapat membantu mencegah sembelit dan mulas yang umum terjadi pada trimester ketiga. Namun, sebaiknya hindari pepaya mentah karena mengandung pepsin, yakni enzim yang dapat memicu kontraksi uterus dan persalinan dini. Satu lagi, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi pepaya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Fallon Michael on Unsplash)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   camilan ibu hamil,   makanan ibu hamil








Cover Maret 2020