Mother&Baby Indonesia
12 Makanan Pencegah Badan Lemas saat Hamil

12 Makanan Pencegah Badan Lemas saat Hamil

Kebahagiaan saat masa kehamilan memang bisa membuat Moms selalu semangat. Namun, rasa lelah, lesu, lemas, atau bahkan malas bisa menghantui Anda. Untuk mencegah hal tersebut, intip rekomendasi makanan yang tetap bernutrisi dan memiliki rasa lezat untuk bumil berikut ini, Moms!


1. Pisang

Buah pisang mengandung zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium, yang dapat mencegah anemia. Mengonsumsi pisang saat sarapan akan bisa mengurangi gejala morning sickness serta membuat tubuh lebih bersemangat dalam beraktivitas.




2. Quinoa

Quinoa merupakan jenis makanan pengganti karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, sehingga menjaga kestabilan kadar gula darah. Makanan ini kaya akan protein, serat, lemak sedang, vitamin, mineral, dan mengandung semua asam amino esensial dalam jumlah yang diperlukan. Dengan begitu, Moms akan merasa cepat kenyang dan mencegah badan menjadi lemas.


3. Almond

Kacang almond bisa menjadi pereda mual dan muntah, karena di dalamnya terkandung protein nabati sebagai sumber tenaga. Kacang ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bumil serta janin, karena kaya akan antioksidan, dan potasium yang melancarkan peredaran darah.


4. Labu

Labu mengandung kadar air yang tinggi sehingga mampu mencegah dehidrasi saat hamil. Di dalamnya juga terdapat magnesium dan zinc yang bisa mengatasi rasa mual akibat fluktuasi hormon, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan imunitas. Kandungan asam folatnya juga tinggi, sehingga membantu perkembangan otak janin, lho.


5. Jahe

Salah satu jenis obat herbal ini memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga membantu otak untuk mengontrol rasa mual. Tubuh pun bisa merasa lebih segar dan rileks meski diminum dengan campuran teh dan susu atau dalam bentuk permen. Namun, jangan mengonsumsi terlalu banyak agar tak membuat perut Anda kembung.


6. Jeruk


Jeruk memang mengandung vitamin C, kalium, zinc, dan zat besi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rasa asam dan aroma yang segar cukup ampuh meredakan mual dan muntah yang dialami bumil.




7. Yoghurt

Sebagai salah satu olahan dari susu, yoghurt tentu memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi. Tak hanya itu, vitamin dan bakteri probiotik di dalamnya juga mampu melawan rasa lelah dan membantu membersihkan sistem pencernaan.


8. Apel

Kandungan antioksidan dalam apel memiliki fungsi istimewa, yaitu melindungi tubuh bumil dari paparan radikal bebas. Karena kadar airnya juga cukup tinggi, Moms tentu akan terhindar dari dehidrasi, rasa mual, serta sakit kepala setelah mengonsumsi buah ini.


9. Kacang Merah

Jenis kacang merah yang pas dimasak untuk menu sehari-hari akan membantu tingkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Hal ini akan membantu mencegah anemia, serta kaya akan zat besi yang bermanfaat setelah melahirkan.


10. Lobak

Kelelahan bisa disebabkan karena kekurangan kalsium dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi lobak hijau, sayuran ini akan mampu membuat Anda lebih kuat saat hamil.


11. Delima

Buah delima bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda, lho! Kandungan airnya juga tinggi, sehingga bisa membantu mencegah dehidrasi, serta meningkatkan metabolisme tubuh.


12. Oatmeal

Tak hanya dijadikan sebagai menu diet, oatmeal ternyata juga baik dikonsumsi bumil. Di dalamnya sudah kaya akan protein dan serat, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Kandungan karbohidrat kompleksnya pun mampu membuat Moms merasa cepat kenyang. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   makanan ibu hamil








Cover Maret 2020