Mother&Baby Indonesia
Serunya Gender Reveal Party untuk Ibu Hamil

Serunya Gender Reveal Party untuk Ibu Hamil

Moms, Anda mungkin pernah mendengar istilah baby shower party. Ya, pesta yang satu ini memang ditujukan buat ibu yang tengah hamil. Nah, kini muncul tren baru dalam merayakan kehamilan, yaitu gender reveal party.

Sesuai dengan namanya, gender reveal party bertujuan untuk mengetahui atau memberitahu jenis kelamin bayi yang berada dalam kandungan ibu. Gender reveal party biasanya digelar setelah trimester pertama masa kehamilan, atau tepatnya ketika jenis kelamin janin sudah bisa diketahui.

Di Indonesia, tren perayaan untuk mengetahui jenis kelamin bayi mungkin baru populer dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi kebiasaan ini sesungguhnya sudah cukup lama dilakukan di luar negeri.



Adalah Jenna Karvunidis yang diyakini sebagai sosok yang memulai tren baby gender reveal party pada 2008. Blogger asal Amerika Serikat ini mengetahui jenis kelamin bayi yang tengah dikandungnya dengan cara memotong kue.

“Kami memotong kue bersama-sama dan melihat icing berwarna merah muda. Saat itulah kami mengetahui bahwa kami akan memiliki anak perempuan,” tutur Karvunidis.

Situs TheBump menyebarkan konten yang dibuat Karvinidis tersebut. Setelah itu, semakin banyak orang menggelar gender reveal party. Bukan hanya dengan kue seperti yang dilakukan Karvunidis, ada yang menggunakan pinata, balon, hingga confetti berwarna biru dan merah muda guna mengetahui jenis kelamin bayi mereka.


Tren Selebriti Indonesia

Di Indonesia, sejumlah selebriti juga ikut mempopulerkan tren gender reveal party. Baru-baru ini, artis Mona Ratuliu dan sang suami, Indra Brasco, juga mengetahui jenis kelamin anak keempatnya melalui gender reveal party. Saat ini kehamilan Mona memasuki bulan ketujuh.

Sebagai catatan, pesta ini digagas oleh Davina Shafa Felisa atau yang biasa dipanggil Mima, putri sulung Mona. Mima ternyata sudah mengetahui jenis kelamin calon adiknya selama sekitar dua pekan. Namun ia baru sempat menggelar pesta untuk Mona pada akhir pekan lalu di Connectinc (7/3/2020).



Dalam pesta tersebut, Mona baru mengetahui jenis kelamin bayi yang tengah dikandungnya adalah perempuan setelah para tamu menyemprotkan string confetti berwarna merah muda kepadanya.



Tips Menggelar Gender Reveal Party

Selain Mona, artis Tasya Kamila juga sempat menggelar gender reveal party untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandungnya pada Maret 2019. Nah, apakah Moms juga berniat untuk menggelar gender reveal party? Jika ya, berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan ketika Anda akan menggelar baby shower sekaligus pesta untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang tengah dikandung.

• Tentukan tanggal dan tempat. Waktu terbaik untuk menggelar acara gender reveal party adalah pada pertengahan kehamilan atau sekitar minggu ke-20. Pilih tempat yang nyaman dan memungkinkan Anda juga untuk beristirahat.

• Menentukan tema pesta. Ada banyak tema yang bisa Anda pilih saat menggelar gender reveal party, seperti pirates dan mermaids, little prince dan little princess, atau senor dan senorita. Sedangkan untuk mengungkapkan jenis kelamin, Anda bisa menggunakan balon, pinata, confetti, atau kue.

• Membuat dekorasi. Sesuaikan dekorasi dengan tema yang Anda pilih. Biasanya, gender reveal party menggunakan warna merah dan biru atau merah muda dan biru muda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   baby shower,   gender reveal party








Cover Maret 2020