Mother&Baby Indonesia
8 Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Keguguran

8 Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Keguguran

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki banyak nutrisi dan gizi untuk kesehatan kehamilan dan janin yang dikandungnya. Pasalnya, sembarangan dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, Moms wajib tahu, makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari selama masa kehamilan karena dapat berisiko menyebabkan keguguran. Berikut ini, M&B merangkum beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu terjadinya keguguran yang sebaiknya Moms hindari selama masa kehamilan.


1. Aloe Vera

Lidah buaya sering digunakan sebagai obat alami untuk mencegah maag dan gangguan pencernaan. Tetapi, Moms, sebaiknya hindari terlebih dahulu mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk makanan atau minuman. Ini dikarenakan aloe vera mengandung senyawa antrakuinon yang dianggap dapat berkontribusi pada kontraksi uterus yang menyebabkan terjadinya keguguran dini. Mengonsumsi lidah buaya juga dapat menurunkan kadar glukosa darah yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi. Meskipun berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil, tetapi belum ada penelitian lebih lanjut yang menyebutkan adanya risiko pemakaian aloe vera pada area kulit.




2. Pepaya Muda

Buah pepaya muda atau yang belum matang mengandung getah atau lateks yang jika dikonsumsi dapat memicu kontraksi dan keguguran. Sebaliknya, buah pepaya yang sudah matang justru disarankan untuk dikonsumsi bumil karena mengandung banyak serat untuk mencegah sembelit. Jika Anda masih ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.


3. Susu Mentah

Susu dikenal sebagai asupan yang menyehatkan untuk semua orang, termasuk bumil. Tapi produk susu dan turunannya yang tidak melalui proses pasteurisasi atau mentah mengandung berbagai macam bakteri seperti Listeria monocytogenes yang dapat berbahaya dan menyebabkan komplikasi pada kehamilan Anda.


Baca Juga: Hati-Hati! 5 Makanan Ini Bisa Akibatkan Keguguran Janin


4. Daging Mentah atau Tidak Matang Sempurna

Di dalam daging setengah matang atau mentah terkandung bakteri tertentu seperti Salmonella, Listeria, E.coli dan Toksoplasma. Mengonsumsi daging yang mentah atau tidak matang sempurna membuat Anda berisiko terinfeksi bakteri-bakteri tersebut yang dapat menyebabkan keguguran dan komplikasi serius pada bayi. Tidak hanya berlaku untuk daging, hal ini juga berlaku untuk telur, ikan, dan seafood. Selama hamil, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang diolah dengan benar dan matang.




5. Makanan Olahan dan Berpengawet

Makanan olahan dan berpengawet seperti junk food dianggap dapat menyebabkan keguguran. Risikonya bisa semakin meningkat jika Anda mengonsumsi junk food dalam jumlah yang banyak. Karena itu, saat hamil, Moms harus menghindari mengonsumsi junk food dan perbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi.


6. Kepiting

Kepiting adalah salah satu makanan yang kaya akan kalsium, tetapi makanan ini juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Mengonsumsi kepiting dapat menyebabkan terjadinya penyusutan rahim yang menyebabkan pendarahan internal dan berisiko keguguran. Karena itu, selama masa kehamilan, Moms harus menahan diri untuk mengonsumsi makanan ini. 


7. Nanas

Buah nanas memiliki berbagai nutrisi yang sebenarnya bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Namun, hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan ya, Moms. Ini dikarenakan nanas mengandung bromelain yang dapat melunakkan leher rahim dan menyebabkan kontraksi dini pada ibu hamil yang tentu saja dapat meningkatkan risiko keguguran. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini ya, Moms. 


8. Kafein

Moms, sebaiknya hindari mengonsumsi kafein selama masa kehamilan. Mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat memicu keguguran dan kelahiran prematur. Jika ingin mengonsumsi kafein, batasi hanya 1-2 cangkir per hari. Namun untuk lebih amannya, Anda dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan soal konsumsi minuman berkafein.

Itulah 8 makanan dan minuman yang harus dihindari selama masa kehamilan karena dapat menjadi pemicu terjadinya keguguran. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ya, Moms. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Chajamp on Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   keguguran








Cover Maret 2020