Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Sawi Putih untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Sawi Putih untuk Ibu Hamil

Selama hamil, sangat penting untuk memberi perhatian ekstra pada nutrisi harian Anda. Tak hanya untuk kesehatan tubuh Anda, tetapi semua nutrisi yang Anda nikmati juga penting untuk tumbuh kembang Si Kecil dalam perut Anda, Moms.

Apa saja sih yang harus Anda makan setiap hari? Menurut para pakar, yang penting adalah bumil menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Penuhi kebutuhan harian Anda akan nutrisi dari berbagai makanan sehat, dan jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur ya, Moms.

Salah satu sayuran yang enak dan baik untuk ibu hamil adalah sawi putih. Ya, jenis sayuran yang satu ini pasti mudah ditemukan di pasaran dan tentu banyak penggemarnya. Tak hanya enak dan mudah dikreasikan menjadi berbagai menu, sawi putih juga punya banyak manfaatnya untuk tubuh Anda dan Si Kecil lho, Moms. Mau tahu manfaat sawi putih untuk ibu hamil? Read on!




1. Memperkuat Tulang Ibu & Janin


Sayuran berwarna putih dan hijau muda ini ternyata kaya akan kalsium lho, Moms. Ini sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kalsium juga mengoptimalkan fungsi syaraf-syaraf tubuh.


2. Mencegah Kanker


Sawi putih yang juga dikenal luas sebagai nappa cabbage ini juga kaya akan antioksidan seperti karoten, thiocyanates, lutein, sulforaphane, dan isothiocyanates. Semua ini diyakini baik untuk mengurangi risiko kanker payudara, kolon, dan prostat.


3. Menurunkan LDL


Komponen antioksidan yang disebutkan di atas juga efektif melawan LDL atau kolesterol jahat di dalam darah bumil. Menurut USDA National Nutrient Database, dalam 100 gram sawi putih terdapat 0 mg kolesterol lho, Moms.




4. Mencegah Bayi Lahir Cacat


Makan sawi putih bisa mengurangi risiko bayi terlahir dengan cacat bawaan? Bisa dong, karena sawi putih mengandung banyak asam folat, yang perannya sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin. Menurut USDA National Nutrient Database, dalam 100 gram sawi putih, terdapat 20 persen asam folat. Bagus banget untuk membantu memenuhi kebutuhan harian bumil akan asam folat nih, Moms.


5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Walau warnanya tidak oranye seperti jeruk, namun sawi putih juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, Moms. Dalam 100 gram sawi putih segar, kandungan C di dalamnya bisa membantu memenuhi 45 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin C. 


6. Mencegah Infeksi


Seperti yang Anda tahu, kandungan vitamin C yang tinggi tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga membantu sistem imun tubuh lebih kuat melawan infeksi dan zat merugikan lainnya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: sayuran,   sawi putih,   kehamilan,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020