Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, sangat penting bagi Anda mengonsumsi buah-buahan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, ada beberapa jenis buah yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi, dan sebaliknya, ada juga yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Salah satu buah yang dianjurkan yaitu buah delima (pomegranate), terutama delima merah. Delima merah dikenal mengandung antioksidan yang tinggi dan zat besi, sehingga sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Apa saja manfaat delima untuk ibu hamil? Berikut ini M&B akan menjabarkan beberapa manfaat buah delima untuk bumil.


1. Memperlancar Aliran Darah

Buah delima dikenal memiliki kandungan air yang tinggi. Rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air akan membantu bumil terhindar dari dehidrasi. Selain itu, buah delima mengandung zat besi yang dapat membantu menurunkan risiko anemia yang menyebabkan kelahiran prematur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah delima guna memperlancar aliran darah di dalam tubuh Anda.




2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat sangat dianjurkan untuk bumil, karena bumil sangat rentan mengalami sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Guna mengatasinya, Moms dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya adalah buah delima. Buah ini membantu melunakkan feses, sehingga mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.


3. Membantu Melawan Radikal Bebas

Pada dasarnya, radikal bebas adalah produk limbah yang harus dibuang dari dalam tubuh. Namun sayangnya, beberapa di antara racun-racun tersebut mungkin saja tetap tinggal di dalam tubuh dan mengganggu sel-sel sehat atau molekul DNA yang menyebabkan kerusakan pada tubuh secara internal dan juga dapat memengaruhi plasenta. Kandungan antioksidan dalam buah delima dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan melindungi otak anak dari kerusakan.

Baca juga: Ini Khasiat Buah-Buahan Tropis untuk Anda, Moms




4. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Folat adalah elemen penting untuk perkembangan janin. Dengan mengonsumsi segelas jus delima bumil dapat memenuhi setidaknya 10 persen dari kebutuhan folat harian Anda. Folat bekerja untuk mendukung perkembangan sistem saraf bayi dan menjaga perkembangan otak bayi.


5. Mengurangi Kemungkinan Kecacatan Kelahiran Pada Bayi

Apa pun yang Moms konsumsi selama kehamilan tentu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Nutrisi yang terkandung di dalam buah delima dapat membantu mengurangi cacat lahir pada bayi. Ini berkat kandungan folat dalam buah delima yang dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf sehingga janin akan tumbuh sempurna. Jika selama masa kehamilan Moms tidak memenuhi kebutuhan asam folat, ini akan menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang janin. Cukup dengan mengonsumsi buah delima merah satu kali per hari untuk bisa memenuhi asupan asam folat di dalam tubuh selama kehamilan.

Apakah aman mengonsumsi buah delima selama masa kehamilan? Tentu saja, Moms. Ada beberapa dokter dan ahli gizi yang mengatakan bahwa tidak ada yang salah jika Anda mengonsumsi buah delima atau jus delima selama kehamilan. Selain memberikan nutrisi, mengonsumsi buah delima atau jus delima juga akan membuat Anda tetap terhidrasi selama kehamilan, berkat kandungan airnya yang tinggi. Namun, Anda tetap harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah delima. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   delima,   buah untuk ibu hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020