Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mengeringkan Rambut Anak Tanpa Hairdryer

5 Cara Mengeringkan Rambut Anak Tanpa Hairdryer

Jangankan rambut anak, rambut orang dewasa saja bisa kering dan bercabang jika sering menggunakan hairdryer. Lagi pula, suara bising dan panasnya angin yang keluar dari hairdryer bisa membuat Si Kecil mungkin saja merasa tidak nyaman. Lalu bagaimana dong, cara yang aman dan tepat untuk mengeringkan rambut anak tanpa hairdryer? Ikuti 5 cara di bawah ini yuk, Moms!


Pakai Conditioner saat Keramas




Setelah mencuci bersih dengan sampo, berikan sedikit conditioner pada rambut anak, kemudian bilas hingga bersih. Rambut anak tak hanya jadi lebih lembut, tetapi juga mencegah rambutnya menyerap air lebih banyak dari yang dibutuhkan. Rambut yang lebih lembut juga lebih cepat kering, Moms.


Pakai Handuk Microfiber


Jenis handuk yang satu ini memang sedang ngetren, sehingga sudah mudah ditemukan di berbagai toko dan online shop. Handuk microfiber tak hanya lebih lembut, tetapi juga lebih ampuh untuk menyerap air tanpa membuat Anda khawatir rambut Si Kecil akan rusak.

Caranya mudah, cukup usap-usap rambut anak ke handuk hingga air di rambut terserap sempurna. Jangan terfokus untuk menggunakan bagian tengah handuk saja ya, Moms, gunakan juga bagian-bagian pinggir handuk yang masih kering. Akan lebih baik jika Moms membagi rambut anak menjadi beberapa bagian, dan keringkan satu per satu bagian rambut tersebut. Cara ini mungkin akan memakan waktu lebih lama dibanding mengeringkan rambut dengan hairdryer, namun tentu lebih aman dan tidak merusak rambut Si Kecil.


Keringkan dari Akar Rambut


Jangan fokus pada ujung rambut, karena bagian itu sebenarnya jauh lebih cepat kering dibanding bagian akar rambut. Maka saat mengeringkan rambut anak, fokuslah mengeringkan bagian akar terlebih dahulu menggunakan handuk microfiber.


Goyang Lembut Rambutnya


Setelah memeras rambut basah dan mengeringkannya dengan handuk microfiber, Moms bisa meminta anak untuk menggoyangkan rambutnya secara perlahan. Handuk microfiber saja tidak cukup untuk mengeringkan sempurna, sehingga menggoyangkan rambutnya sangat disarankan agar rambut anak kering alami. Cara ini juga memperindah bentuk rambut anak saat sudah kering, agar ada gelombang naturalnya, Moms.




Kering Natural


Sebenarnya ini adalah cara mengeringkan rambut paling aman, yaitu dengan membiarkan panas kepala dan dingin angin bekerja sama mengeringkan rambut Si Kecil. Namun jika Moms memilih cara ini untuk mengeringkan rambut yang panjang, pastikan untuk melapisi punggung anak dengan handuk terlebih dahulu ya, agar air dari rambut tidak terserap kaus anak dan membuatnya basah.


Tips Menggunakan Hairdryer

Jika sedang buru-buru, sesekali menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut anak sebenarnya boleh-boleh saja, Moms. Namun pastikan Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini, ya.

1. Gunakan di ujung rambutnya saja, agar kulit kepala anak tidak kepanasan.

2. Jika ada pilihan kekuatan angin, pilih yang paling ringan.

3. Jangan menggunakan hairdryer terlalu lama.

4. Arahkan hairdryer dengan jarak 7-15 cm dari kepala anak.

5. Jangan digunakan pada bayi, panas dan bisingnya terlalu mengganggu.

(Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: rambut,   anak,   balita,   kesehatan,   rambut anak








Cover Maret 2020